oleh

Wujudkan Ukhuwah Islamiyah Melalui Bersatu Dalam Aqidah

Mari kita Wujudkan Ukhuwah Islamiyah Melalui Bersatu Dalam Aqidah Berjamaah dalam Ibadah dan Bertoleransi dalam Khilafah.

RadarKotaNews – Ustadz Abdul Somad Lc.MA (UAS). mengatakan bahwa Ukhuwah islamiyah artinya persaudaraan yang bersifat islami atau yang diajarkan oleh Islam Di dalam kitab suci ini memperkenalkan paling tidak empat macam persaudaraan :

Yang pertama kata UAS, Ukhuwah ‘ubudiyah atau saudara kesemahlukan dan kesetundukan kepada Allah.

Kedua, Ukhuwah Insaniyah (basyariyah) dalam arti seluruh umat manusia adalah bersaudara, karena mereka semua berasal dari seorang ayah dan ibu.

Ketiga, Ukhuwah wathaniyah wa an-nasab, yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.

Keempat, Ukhuwah fi din Al-Islam, persaudaraan antar sesama Muslim.

Karna itu, Rasulullah SAW bersabda Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, secara garis besar ukhuwah dibagi menjadi dua yaitu:

Pertama, Ukhuwah Islamiyah yang bersifat abadi dan universal karena berdasarkan akidah dan syariat Islam.

Kedua, Ukhuwah Jahiliyah yang bersifat temporer terbatas waktu dan tempat, yaitu ikatan selain ikatan akidah (ikatan keturunan orang tua-anak, perkawinan, nasionalisme, kesukuan, kebangsaan, dan kepentingan pribadi.

“Manfaat ukhuwah Islamiyah yaitu, Merasakan lezatnya iman, Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi oleh Allah SWT,”kata UAS dalam acara Tabligh Akbar bersama Ustad Abdul Somad Lc. MA dengan mengangkat thema “Mari kita Wujudkan Ukhuwah Islamiyah Melalui Bersatu Dalam Aqidah Berjamaah dalam Ibadah dan Bertoleransi dalam Khilafah” di Masjid Izzatul Islam Grand wisata, Tambun, Bekasi, Kamis (1/11/18).

Di katakan UAS bahwa untuk mendapatkan tempat khusus di surga, Untuk mencapai nikmatnya ukhuwah, perlu kita ketahui beberapa proses terbentuknya ukhuwah Islamiyah antara lain:
– Melaksanakan proses Ta’aruf.
– Melaksanakan proses Tafahum.
– Melakukan At-Ta’aawun.
– Melaksanakan proses Takaful.(adrian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed