Tidak Sesuai Dengan Konsep Bedah Rumah, Haji Robert: Mengecewakan

RadarKotaNews, Maluku - Program Bedah Rumah Haji Robert Penduli sangat mengecewakan sebab banyak Kepala Desa membangun tidak sesuai Konsep.

Menurut Basri Dodo, SH.MH. Program Bedah Rumah Haji Robert Penduli adalah bantuan bagi masyarakat kurang mampu di desa Lima kecamatan Lingkar Tambang PT. Nusa Halmahera Minerals.

"Ini adalah perwujudan dari nilai-nilai kebaikan dan ketulusan dari bapak Haji Robert kepada masyarakat kurang mampu yang memiliki rumah tidak layak huni," ujar Basri, Senin (22/11/2021)

Sebagai suatu program bantuan cuma cuma dengan spirit sosial responsif, Basri beberkan bahwa program ini menggunakan Dana pribadi milik bapak Haji Robert, olehnya itu dibutuhkan kerja sama yang baik dari seluruh pihak terkait untuk menyukseskan program ini.

"Tentu program ini tidak boleh dipandang sebagai projek yang memberikan keuntungan materi pribadi bagi siapa saja terutama bagi yang menjalankan secara teknis di lapangan, karena sejatinya bantuan ini untuk masyarakat penerima manfaat yang berhak menikmatinya," jelas Basri

Dari hasil evaluasi sementara dan pengawasan yang dilakukan oleh Basri Dodo dan Subhan Tuanaya bersama tim di 45 Desa lokasi bedah rumah, namun terlihat rumah yang telah dibangun oleh pelaksana teknis di desa desa masih sangat mengecewakan karena banyak yang tidak sesuai dengan Konsep dan harapan Haji Robert.

Menurut Haji Robert, harusnya Rumah dengan ukuran 6x6 m dengan budget Rp. 60 juta/Unit rumah sudah dilengkapi dengan toilet, juga Rp. 5 juta untuk membeli Isi perabotan Rumah, dan sisanya Rp. 5 juta diberikan secara tunai ke penerima manfaat, itu konsepnya.

"Namun fakta dilapangan sungguh sangat mengecewakan," pungkas Basri. (fy)

Penulis:

Baca Juga