oleh

Terkait Covid-19 KPU Bikin Aturan Baru Dalam Pelaksanaan Pilkada

RadarKotaNews, Jakarta – Ketua KPU RI Arif Budiman mengatakan bahwa hari ini KPU mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang peraturan KPU pelaksanaan Pilkada di masa bencana

“Hasil dari FGD ini akan digunakan untuk menyempurnakan draft peraturan KPU tersebut,” kata Arif dalam acara Virtual Focus Group Discussion Rancangan Peraturan KPU Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dalam Kondisi Bencana di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020)

Diungkapkan Arif bahwa hari kamis 4 Juni 2020 nanti akan dilaksanakan uji publik peraturan KPU kemudian akan diajukan permohonan untuk dilakukan rapat konsultasi dengan pemerintah.

“Peraturan KPU ini merupakan peraturan KPU baru dan berbeda dari peraturan lain sebelumnya, peraturan KPU ini membahas bukan hanya teknis kepemiluan tetapi terkait teknis kesehatan dan keselamatan agar pandemi tidak semakin meluas pada saat pelaksanaan pemilihan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen anggaran kementrian keuangan, Agus menilai kondisi APBN saat ini sedang berat karena sudah banyak pemotongan akibat covid-19.

“Sesuai dengan Permendagri pilkada seharusnya menggunakan APBD sesuai dengan UU ada peluang pendanaan dapat didukung oleh APBN,” jelasnya

Menurut Agus, yang diperlukan oleh Kemenkeu yaitu usulan dari KPU, dan diharapkan biaya dapat digunakan seefisien mungkin.

“KPU mengajukan usulan besaran beserta rinciannya kepada kemenkeu, setelah ada usulan DJA akan meminta arahan kepada menteri apakah dapat dipenuhi semua atau sebagian.” tegas Agus. (wawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed