oleh

Sinergis Kades dan Masyarakat Desa bertekad Dari Laut Membangun Desa

RadarKotaNews, Kepsul – Manfaat Dana Desa guna membangun Desa dan menjadikan masyarakat Desa sejahtera mulai dirasakan Masyarakat Desa Waigoiyofa Kecamatan Sulabesi Timur Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Dikabarkan melalui belanja yang bersumber dari APBDES tahun 2019 Kelompok Nelayan asal Desa tersebut menikmati manfaat dari Dana Desa atau DD berupa pembagian 35 Unit Mesin Katinting dan 35 Perahu Body untuk menunjang aktifitas melaut mereka.
Pembagian Unit Mesin Katinting dan Perahu Body ini digelar Pemerintah Desa Waigoiyofa bertempat di Gedung Serbaguna Desa Waigoiyofa Jumat (14/02/2020) dan disaksikan langsung oleh Camat Sulabesi Timur Ikram Sibela serta Kepala Dinas (Kadis) Adam Umasugi dan pejabat teras Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul.

Menurut infomasi yang berhasil dihimpun oleh awak media I-Malut.Com, selain dibagikannya unit mesin Katinting dan Perahu Body, masyarakat nelayan Desa Waigoiyofa juga diberikan edukasi berupa Bimbingan Teknik atau Bimtek terkait bagaimana cara menangkap Ikan yang baik, sehingga harapan dari Laut bisa membangun Ekonomi Desa bukan sekedar Wacana, selain itu Dinas Perikanan dan Kelautan Kepsul juga memberikan Kartu Asuransi Nelayan.

Isra Teapon Kepala Desa atau Kades Waigoiyofa dalam komentar singkatnya mengatakan, bahwa ini sudah sesuai Musdes, demi untuk menjawab kebutuhan kelompok Nelayan di Desa tersebut.

Sedangkan Kadis Perikanan dan Kelautan Adam Umasugi memberikan keterangan kepada awak media sebagai berikut,

“Iya jadi melalui bidang terkait Dinas Kami, yakni Bidang Perikanan, Tangkap dan Kasie Saranan dan Prasarana Perikanan atau PPL memberikan pemahaman tentang tata dan cara menangkap Ikan yang baik, juga terkait kebijakan-kebijakan pembangunan sektor perikanan, potensi serta 0eluang-peluang yang ada” ujar Kadis berperawakan tinggi ini.

Kadis Adam juga menambahkan bahwa Kartu Asuransi Nelayan adalan jaminan kesehatan atas berbagai resiko pada saat melaut dan ini juga merupakan bagian penataan kelompok Nelayan.

Sementara itu Camat Sulabesi Timur Ikram Sibela menuturkan,

“Ini adalah langkah baik dari Pemerintah Desa Waigoiyofa kepada Masyarakatnya, terkhusus kelompok Nelayan. Harapan saya pengelolaan DD maupun ADD sebesar-besarnya untuk membangun Desa dan memakmurkan Masyarakatnya,” pungkas Camat Ikram.

Sementara itu ketika disinggung terkait peran serta media dalam Pengelolaan Dana Desa melalui program ‘Media Jaga Dana Desa’ yang sebentar lagi akan dilaunching, Ikram merespon baik menurutnya ini adalah hal positif bagi semua pihak agar control sosial itu selalu terjaga.

“Saya pikir baik yang, tentu hal tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat Desa juga Pemerintah Desa dalam hal mengelola Dana Desa, sehingga ada publikasi yang formal dan tidak bersifat simpang-siur,” tutup Ikram Sibela. (RL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed