oleh

Sektor Ekraf Mengalami Kelumpuhan, Ekraf Harus di Bangkitkan Kembali

RadarKotaNews, Jakarta – Ingin sektor Panja Ekonomi Kreatif (Ekraf) bangkit kembali menggeliatkan ekonomi rakyat dan menyumbang devisi bagi negara. Di masa pandemi Corona (Covid-19), sebab sektor ekraf mengalami kelumpuhan. Komisi X DPR RI ingin mendapat masukan dari para pelaku ekraf untuk menghidupkan kembali sektor ini.

Hal tersebut sampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan para pelaku ekraf di ruang rapat Komisi X DPR RI, Senyana, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Menurut Politisi PKS itu menambahkan, Komisi X sudah membentuk Panja untuk menghimpun masukan konkret bagaimana harus membangkitkan kembali ekraf di masa pandemi.

Karena itu, Fikri ingin juga melihat sejauh mana peluang Panja Ekraf, dan tantangan ekraf di masa pandemi dan pasca pandemi. Saran dan masukan dari para pelaku ekraf sangat dibutuhkan.

“Sektor ekraf sudah jadi tulang punggung perekonomian nasional. Sebelum terjadi Covid-19, Barekraf (Badan Ekonomi Kreatif) pernah menyampaikan laporan bahwa bidang ekraf pada 2020 ini punya peluang yang sangat baik,” sebutnya.

Selain itu, Fikri juga ungkapkan, total potensi devisa dari sektor parekraf sekitar 44 miliar dollar AS. Sementara di sektor pariwisata sekitar 21 miliar dollar AS. Sedangkan ekraf sekitar 23 miliar dollar AS. Kalau dua sektor ini digabung bisa mengalahkan pemasukan devisa dari CPO yang sementara masih bertengger di atas. CPO sudah mengalahkan minyak, batubara, dan gas.

“Jadi ini luar biasa. Karena ada Covid 19, maka kita perlu Panja ini,” jelas
Fikri. (Ipk)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed