oleh

Saleh Dukung Revisi UU BPJS dan Pertanyakan Pengembalian Iuran yang Sudah di Bayarkan

RadarKotaNews, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI F PAN Saleh Partaonan Daulay mendukung revisi UU BPJS tersebut, apakah semua jenis penyakit tersebut harus ditanggung oleh negara? menurutnya, revisi ini suatu keharusan karena untuk kepentingan dan perbaikan pelayanan kesehatan nasional sesuai standar pelayanan.

Termasuk kata Saleh, tenaga medis, alat-alat kesehatan, obatan-obatan dan sebagainya, atau pengelolaannya dikembalikan ke Jamsostek?

Oleh karena itu, Saleh mendesak Mahkamah Agung (MA) untuk segera menyerahkan salinan putusan yang membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan.

Desakan bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa Perpres 75/2019 tentang Jaminan Kesehatan yang dibatalkan MA telah resmi berlaku.

“Kita berharap secara proaktif ya, MA harus menyerahkan putusan itu segera ke pemerintah, dalam hal ini presiden dan kementerian/lembaga terkait Kemenkes, Kemensos, dan BPJS Kesehatan,” ujar Saleh di gedung Parlemen Jakarta

Karena, tambah Saleh, kalau misalkan nggak dilaksanakan segera, takutnya nanti orang ngertinya bahwa ini sudah enggak ada kenaikan

Pasalnya, pada bulan April, Mei, Juni dan seterusnya iuran BPJS Kesehatan itu tidak ada kenaikan seperti berlaku sejak 1 Januari 2020 lalu. Sebab, sudah ada putusan dari MA yang membatalkan kenaikan iuran per 1 Januari tersebut.

“Nanti tiba-tiba bayarannya tetap aja. Nanti kan orang akan minta balik tuh? Kalau disuruh minta bayaran balik kan, akan lebih repot lagi? Dibandingkan kalau diselesaikan sekarang,” jelas Saleh.

Terkait hal itu, Saleh mempertanyakan bahwa iuran dari masyarakat yang sudah membayar per Januari 2020 sebagaimana tarif sebelumnya dipastikan tidak ada refund (pengembalian). Sebab, putusan MA tersebut tidak berlaku surut.

“Saya kira masyarakat silahkan menunggu saja ya mudah-mudahan ini diproses lebih cepat,” harapnya. (id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed