oleh

Safari Politik Ismail Kharie Terkait Pembentukan Fraksi dan Arah Koalisi

RadarKotaNews, Kepsul – Pertemuan Ketua DPRD dengan beberapa Pimpinan Parpol dan Anggota DPRD terpilih Periode 2019-2020, di Waibak Caffe and Resto Pohea-Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Senin (23/9) malam.

Tampak hadir pada pertemuan malam itu, Ismail Kharie Ketua DPRD Kepsul yang saat ini juga Ketua Partai Golkar Sula, Lasidi Leko, Politisi PBB dan anggota DPRD terpilih, Iksan Umaternate Politisi Golkar dan Anggota DPRD terpilih, Alwan Buamona Ketua Gerindra Sula, Ida Soamole Srikandi sekaligus Ketua Hanura Sula dan Efen Sangadji bakal Anggota DPRD asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), serta Burhan Buamona Ketua PKB Sula yang juga maju sebagai balon Wakil Bupati yang saat ini ramai digadang-gadang netizen, baik di Group Medsos Facebook dan Whatsapp.

Usai bincang santai malam itu, Ismail Kharie menyampaikan komentarnya terkait pertemuan tersebut.
“Agenda malam ini adalah silaturahmi, tadi ada teman-teman dari PKB, PBB, Hanura, Gerindra dan saya sendiri dari Golkar,” ucap politisi Golkar ini santai.

Ketua DPRD Sula periode 2014-2019 yang sebentar lagi akan berakhir ini tidak menafikan kemungkinan terjadi koalisi Parpol pada Pilbub 2020.

“Fokus diskusi tadi memang mengarah pada pembentukan Fraksi dan kemungkinan Koalisi pada Pilkada Nanti. Kemudian ini kan merupakan komunikasi politik, ada tawaran dari Kami terkait pembentukan Fraksi, karena kan kawan-kawan pasti mengusung Fraksi Gabungan tersendiri atau bersama Kami dari Golkar yang sudah mempunyai modal empat Kursi,” ungkap Ismail Kharie.

Sementara itu anggota DPRD terpilih asal partai Gerindra Efen Sangadji dan Ketua Hanura Ida Soamole masing-masing menyampaikan pandangannya terkait pertemuan malam tadi.

“Pertemuan ini adalah hasil dari Komunikasi lintas partai, jadi kita coba mencocokan pikiran kita, ini belum final yaa, Finishingnya mungkin nanti setelah pelantikan, terpenting adalah Kita dari Gerindra, Hanura, PKB, PBB, serta Golkar sudah menyampaikan pandangan politiknya, muaranya betul terkait Pilkada 2020,” tutur pria yang akrab dipanggil Bung Efen ini.

Hal senada juga disampaikan Ibu Ida Soamole ketua Hanura Sula,
“Ini adalah Silaturahmi biasa, wacananya adalah pembentukan Fraksi dan arah Koalisi”, beber Ibu Ida Singkat.

Selanjutnya Bung Efen mengatakan bahwa pada intinya nanti Dia berharap bahwa pertemuan malam ini dan selajutnya tercipta koalisi untuk mengawal agenda pemerintah.

Seperti diketahui dalam waktu dekat DPRD Kepsul akan menggelar sidang pelantikan Anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.

Dalam kesempatan yang sama Burhan Buamona Ketua PKB Sula dan juga balon Wabup pada Pilkada Sula mengatakan,

“Pertemuan tadi inisiatif Pak Ismail, jadi selain silaturahmi dan wacana pembentukan Fraksi, perlu kiranya kita men-drive teman-teman yang baru masuk untuk masa bhakti 2019-2024,” tandas Burhan.

Lebih lanjut Burhan Buamona menjelaskan terkait apakah pertemuan malam ini secara spesifik membahas dirinya yang akan maju sebagai balon 02 Pilkada Sula.

“Tidak seperti itu, pertemuan malam ini lebih kepada teknis pembentukan fraksi dan koalisi nanti, mungkin hal itu nanti ada ruang yang berbeda mengingat PKB juga belum membuka penjaringan Cabup dan Cawabup, namun terkait apa yang beredar di masyarakat Umum tentang diri saya, itu memang benar adanya,” jelas Burhan yang berpenampilan nyentrik pada malam itu.

‘Closing Steatment’ Burhan Buamona mengatakan, bahwa PKB ada kepentingan strategis terkait pembentukan Fraksi baru atau Gabungan, menurutnya bukan tidak mungkin nanti PKB, PBB, Hanura dan Gerindra membentuk satu Fraksi Gabungan. (RL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed