Sabet Penghargaan Menkes RI jadi Kado Special Dinkes Sula di HUT Kabupaten yang Ke-19

Penghargaan yang diterima Kabupaten Sula dari Menteri Kesehatan RI

RadarKotaNews, Malut - Bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang ke-19, Dinas Kesehatan Pemda Kepsul mengukir prestasi dengan menyabet penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) yang digelar Aula VIP Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah-NTB (31/5/2022).

Penghargaan tersebut berupa Sertifikat Eliminasi Malaria, sebagai daerah yang dinilai berhasil menekan angka penderita penyakit yang disebabkan oleh serangga jenis nyamuk.

Kepada media ini Kadis Kesehatan Kepsul Suryati Abdullah, melalui pesan WhatsApp mengatakan jika penghargaan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam melayani masyarakat dibidang kesehatan.

”Tentu penghargaan ini menjadi stimulus untuk menjadikan kami lebih baik lagi, dan menjadi special karena menerima tepat di hari jadi kabupaten yang ke-19”, pungkas Kadinkes Suryati yang dalam kesempatan itu didampingi Dir. RSUD-Sanana Marini Nur Ali.

Kadis Suryati juga menceritakan jika di Sula pada tahun 2020 dan 2021 tidak ditemukan kasus malaria, ada pasien yang didiagnosa malaria namun itu kasusnya impor dari daerah lain.

Lebih lanjut dia mengatakan jika penghargaan ini diterima hasil dari penilaian Tim asessment Kementrian Kesehatan RI, dan juga Provinsi sejak September 2021.

Pembangunan dibidang kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional, untuk itu sebagai dinas teknis saya bertanggungjawab untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Sula untuk hidup sehat, lanjut Kadis Suryati Abdullah.

”Semoga kita di Sula bisa mendukung program pemerintah pusat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria tahun 2030”, tutupnya.

Sementara itu dikabar bahwa puncak peringatan HMS dilakukan secara kombinasi luring (off-line) dan secara daring (online), dengan tema global: ”Harness Innovation to Reduce the Malaria Disease Burden and Salve Lives”.

Sedangkan tema nasionalnya adalah ”Ciptakan Inovasi Capai Eliminasi, Wujudkan Indonesia Bebas Malaria”.

Dapat diinformasikan, selain Kabupaten Sula, Kota Ternate dan Kabupaten Pulau Morotai juga menerima penghargaan yang sama dari Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin.(RL)

Penulis:

Baca Juga