Roy Suryo Akan di Periksa Terkait Dugaan Kasus Penistaan ​​Agama

RadarKotaNews, Jakarta - Polda Metro Jaya terus melakukan penyelidikan terhadap tiga laporan dugaan penistaan ​​agama, terkait meme patung di Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden RI, Joko Widodo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, ketiga laporan tersebut secara keseluruhan melibatkan eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo.

Laporan pertama, kata Endra Zulpan, Roy Suryo melalui kuasa hukumnya, Pitra Romadoni melaporkan tiga akun media sosial yang pertama kali mengunggah meme Patung Sang Buddha tersebut. Laporan itu diterima Polda Metro Jaya pada tanggal 16 Juni 2022.

"Yang terlapor adalah akun Twitter yang kami memiliki datanya," ujar Zulpan kepada wartawan sudah, Selasa (28/6/2022).

Sedangkan dua laporan lainnya adalah unggahan meme di akun media sosial pribadi milik Roy Suryo. Dalam hal ini, Roy Suryo berstatus sebagai dugaan kasus penistaan ​​agama.

"Ini berdasarkan laporan pada 20 Juni 2022, di mana pelapor atas nama Kurniawan Santoso dan terlapor atas nama Roy Suryo. Kemudian laporan yang dilaporkan di bareskrim oleh saudara Kevin Wu pada 20 Juni 2022 terhitung hari ini telah dilimpahkan Polda Metro Jaya," kata dia.

Terkait dengan adanya tiga laporan tersebut, kata dia, penyidik ​​akan melakukan penyelidikan secara bersamaan. Setelah itu, akan diumumkan mana laporan yang dinilai memenuhi syarat, dan dinaikan statusnya ke tahap penyidikan.

Zulpan sendiri enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai penetapan tersangka Roy Suryo. Dia menyebut akan mengungkap hasil gelar perkara kasus tersebut pada sore hari ini.

"Akan kita update ya nanti sore sekitar jam 16.00 (WIB)," kata Zulpan. (ipk)

Penulis:

Baca Juga