Rencana Bupati Fifian Ke Spanyol Dapat Kritikan Pedas Dari GenPI Sula

Ikhsan Buamona, Ketua GenPI Sula

RadarKotaNews, Malut - Bupati Kab. Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara Fifian Adeningsi Mus rencananya akan bertolak ke Madrid-Spanyol dalam rangka melakukan promosi wisata, dikabarkan Bupati dan jajarannya saat ini sudah berada di Jakarta dan sedang mempersiapkan keberangkatan ke negeri matador.

Hal ini kemudian menuai kritikan dari Ikhsan Buamona Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI-Sula). Menurutnya hal ini merupakan pemborosan dan hanya untuk menghamburkan APBD semata. Sabtu, (30/7).

Sementara itu Genpi adalah sebuah komunitas yang terdiri dari mereka yang memiliki ketertarikan pada bidang pariwisata.

”Contoh saja masak-masak kemarin di ubud, jika itu disebut sebagai tindak lanjut dari FTW mengapa tidak membentuk pokdarwis (kelompok sadar wisata) di desa-desa lingkar wisata, yang nantinya pokdarwis itu yang mendapat pembekalan sehingga saat event pariwisata tiba, kelompok tersebut siap untuk meracik kuliner khas daerah atau menampilkan budaya Sula lainnya. Mengapa kegiatan yang dilakukan di ubud-bali dan di spanyol itu hanya diikuti oleh mereka dari PKK dan beberapa dinas terkait, tanpa melibatkan masyarakat desa wisata,” ungkap Ikhsan heran.

Menurut Ikhsan, Itu merupakan beberapa pertanyaan sederhana namun penting untuk di jawab oleh pemda saat ini, jika merasa bahwa kegiatan di spanyol juga penting, urgensinya apa??? Karena menurutnya keberangkatan itu menggunakan APBD sehingga harus mempunyai target yang jelas apa, Goalnya apa ??? Dan kontribusi untuk daerah apa???.

Sebagai tambahan informasi terkait GenPi, komunitas ini bersifat relawan, komunitas Genpi terdiri dari banyak netizen yang hobi bermedia sosial. Dalam dunia off-line, mereka juga aktif dalam dunia traveling, fotografi, videografi, dan menulis.
Generasi Pesona Indonesia memiliki banyak sekali kegiatan. Kegiatan yang paling sering adalah saling membantu promosi pariwisata daerah. Secara bergantian GenPi akan promosikan berbagai destinasi, budaya, kuliner, info akomodasi, dan info transportasi.

Selain sering memviralkan hal-hal positif terkait pariwisata, GenPI juga sering kumpul-kumpul membuat acara famtrip dan berpartisipasi di berbagai acara pariwisata daerah maupun nasional.

Ketua GenPI Sula, Ikhsan Buamona sangat menyayangkan sikap pemda sula, karena saat ini negeri dilanda bencana banjir di beberapa desa akibat hujan deras.

Selain bencana banjir, bencana kesulitan ekonomi jelas terasa akibat sulitnya mencari kerja dan membangun usaha, harusnya hal ini yang menjadi perhatian pemerintah daerah Kab. Sula.

Dirinya menambahkan, semenjak pemerintahan ini dilantik masyarakat Kec. Sulabesi Barat masih sulit mengakses jalan menuju ibu kota kabupaten, masyarakat Kec. Mangoli Timur, Mangoli Utara timur masih mengeluh soal pelayanan PLN serta akses jalan dan Jembatan yang belum layak.

Sementara stabilitas ekonomi, politik dan kebijakan pemerintah daerah belakangan selalu merugikan rakyat kecil, membuat masyarakat Mangoli Utara berteriak akibat penggunaan kekuasaan berlebihan oleh pengusa untuk memaksakan kehandaknya dalam urusan-urusan di tingkat kecamatan dan desa.

Ikhsan mengira masih banyak persoalan kerakyatan yang sesungguhnya membutuhkan kehadiran, perhatian dan kesungguhan pemerintah daerah untuk meyelesaikan persoalan tersebut, namun sangat disayangkan, diantara sekian banyak bencana yang melanda negeri dan membutuhkan banyak sentuhan hati serta kebijakan untuk menyelesaikan persoalan malah pemerintah daerah tak tampak dalam menyelesaikan urusan tersebut.

Membaca ulasan ini tentu membuat hati rakyat teriris sekaligus marah.
Mengapa tidak, saat ini rakyat bertanya-tanya karena jelas perjalanan ini menggunakan APBD. Lalu kemudian timbul pertanyaan untuk Apa perjalanan itu?

Apa kontribusi dari kegiatan perjalanan yang nantinya akan menggunakan ratusan juta uang rakyat.

Bisa-bisanya pemda sula mengalokasikan anggaran sebesar itu untuk perjalanan ke eropa sementara urusan-urusan kecil yang membutuhkan anggaran APBD terkesan tidak bisa dieksekusi.

Tentu perjalanan ini tak mungkin tidak disertai dengan kegiatan lain, lalu kegiatan macam apa yang begitu mendesak sehingga pemerintah daerah lebih mengutamakan ketimbang pada urusan-urusan yang harusnya mendapat prioritas, yang menyangkut hajat hidup masyarakat Sula, tutup Ikhsan Buamona, Ketua Genpi Sula.(RL)

Penulis:

Baca Juga