Publik Apresiasi Kapolri Promosikan Kombes Pol Sambodo Mendapatkan Amanah Naik Menjadi Bintang Satu

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

RadarKotaNews, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan sejumlah perombakan terhadap posisi strategis di tingkat perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi (pati), salah satunya jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Keputusan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit yang mempromosikan Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo yang naik menjadi bintang satu dan diangkat dalam jabatan baru menjadi Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri).

Keputusan Kapolri ini patut di apresiasi, dan di dukung karena publik menilai keputusan ini sudah tepat di karenakan Polri sangat membutuhkan figur yang cerdas dan mampu untuk mengimplementasikan visi kapolri dalam mendukung penguatan organisasi Polri agar lebih dinamis. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

Kordinator Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) Azmi Hidzaqi mengatakan, Kombes Pol Sambodo dinilai sudah berhasil dalam mengemban tugas selama masa tugasnya sebagai Dirlantas PMJ, untuk itu Kombes Pol Sambodo, layak karena sudah mencapai berbagai keberhasilan dalam tugas kepolisian sebagai Dirlantas PMJ

Maka dari itu, Kombes Pol Sambodo patut naik menjadi brigjen karena track recordnya sudah jelas. Dimana, Sambodo merupakan perwira polisi yang tidak pernah memiliki catatan miring selama berdinas. Selain itu, Sambodo merupakan sosok polisi yang memiliki komitmen kuat dalam menerapkan aturan hukum dan kuat dalam menjaga visi Polri yang presisi.

"Sambodo dianggap memiliki banyak prestasi sehingga wajar apabila mendapat promosi," ujar Azmi, Rabu (22/6)

Tentunya kata Azmi, publik sangat meyakini, bahwa Sambodo akan mampu bekerjasama di bawah perintah kapolri dan kami yakin beliau akan berhasil membangun visi polri yang lebih profesional dan modern.

"Masyarakat turut mendoakan dan menaruh harapan kepada Brigjen Sambodo dapat menjalankan amanahnya kedepan dengan sebaik mungkin," katanya

Promosi jabatan yang diterima Kombes Sambodo Purnomo Yogo merupakan hasil usaha totalitas selama menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya sejak 2020.

Lulusan Akpol tahun 1994 itu melakukan sejumlah terobosan dalam aturan lalu lintas. Sambodo pun dinilai tegas dalam menindak anggota polantas yang kerap melakukan pelanggaran etik.

Sejumlah kegiatan inovasi yang dilakukan yakni Street Race menjadi salah satu inovasi kebijakan yang dilakukan Ditlantas Polda Metro di bawah kepemimpinan Kombes Sambodo. Lewat kegiatan tersebut Sambodo menekankan agar budaya balap liar di jalan bisa dihilangkan.

Selain itu Kombes Pol Sambodo dinilai merupakan sosok polisi yang humanis, cerdas, dan inovatif, selain itu beliau juga sangat peduli terhadap kesehatan anak buahnya, apabila mengalami insiden dalam pelaksanaan tugas. Tidak lupa juga beliau sangat berperan besar dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Kebijakan lalu lintas yang dijalankannya membuat lalu lintas di musim arus mudik dan balik Lebaran di wilayah hukum Polda Metro Jaya tergolong lancar," pungkasnya. (adrian)

Penulis:

Baca Juga