oleh

Potong Upah Sepihak, FSBN KASBI Adukan PT SIU Ke Pengawasan

RadarKotaNews – Federasi Serikat Buruh Nusantara (FSBN), yang berapiliasi dengan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), mengadukan PT Sutra Indah Utama yang melakukan Surat Peringatan (SP), dan pemotongan upah secara sepihak ke Dinas Pengawasan Provinsi Banten, Senin (13/11/17),

Perusahaan yang bergerak di bidang bahan tekstil, rajut dan garmen tersebut berlokasi di Jalan pembangunan Infrastruktur No, 282, Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper Kota Tanggerang Banten.

Menurut Poniman Perusahaan melakukan pemotongan upah karena buruh mendapatkan surat peringatan karena pada saat bekerja mengobrol dengan rekannya.

Tidak hanya itu sambungnya, mereka juga mendapatkan sangsi dari perusahaan akibat tidak mencapainya target produksi. Tentu ini sangat merugikan karyawan yang upahnya sudah minim.

“Ada sekitar 10 orang anggota buruh FSBN yang dipotong upahnya di tahun 2016, yaitu sebesar 320.000 (Tiga Ratus Dua Puluh Ribu), dalam setiap bulannya. Sedangkan untuk pemotongan ditahun 2017 sebesar 570.000 (Lima Ratus Tujuh Puluh Ribu), tanpa adanya upah minimum Sektoral seperti yang ditetapkan Gubernur Banten” Ungkap Poniman.

Dalam kasus tersebut, FSBN juga sudah beberapa kali melakukan perundingan dengan pihak manajemen PT SIU. Akan tetapi perusahaan tetap tidak merubah kebijaksanaan, dan cenderung memaksakan pemotongan upah yang dianggap melakukan kesalahan.

Pada saat dimintai keterangan, pihak pengawasan belum berani memberikan keterangan dari kasus pengaduan pemotongan upah tersebut. Akan tetapi mereka akan segera proses pengaduan sesuai data yang diterima. Di saat yang bersamaan pihak penyidik dari Polda Metro Jaya juga tiba di lokasi untuk mengawal kasus pelanggaran yang dilakukan PT SIU. Dimana dalam penegakan hukum, Perusahaan PT SIU masih menjadi Wilayah hukum Polda Metro Jaya.(Adrian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed