oleh

Poempida : Bangkitkan Kembali Teknologi di Negara Ini

PH1Radarkotanews – Alumni ITB. Angkatan 90, sekaligus calon ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IAITB), Poempida Hidayatulloh mengatakan, Kita harus sadar betapa pentingnya membangun kedaulatan bangsa. Kita yakin kita adalah orang-orang yang cerdas maka dari itu kita harus mampu membangun jaringan. Kedaulatan teknologi sangat penting bagi kemajuan bangsa. Jangan sampai kita hanya membeli produk teknologi.

Poempida menilai, Berdasar pengalaman kolonial bangsa pemakai teknologi adalah bangsa yang terjajah. Apakah kita bangga dengan kemajuan ekonomi kita sementara neraca APBNkita terus defisit.

“Poros maritim juga tidak mungkin terwujud tanpa adanya kontribusi teknologi. Oleh karena itu kita harus kembali membangkitkan kedaulatan teknologi, diantaranya dengan berkumpulnya kembali para alumni itb ini. Sehingga generasi kedepan bisa kembali berminat pada teknologi yang kedepan dapat meningkatkan perekonomian kita, bahkan bisa memunculkan teknologi-teknologi baru yang tercipta.”Pesannya.

“Teknologi harus diciptakan bahkan kalau perlu dicuri. Teknologi juga selalu mengandalkan seni.” Ujar Poempida dalam event “Kick Off Science Centre” di Cafe Deresto Kuningan Jakarta selatan, Kamis (7/5).

Oleh Karena itu para alumni ITB dari angkatan 90 kebawah (2000-an) berusaha untuk membangkitkan kembali teknologi di negara ini. Misi kita hari ini adalah membangun ‘science centre’. Gagasan ini harus didorong. Saya belum mengarah pada DKI. Penggunaan alih teknologi jangan membiarkan kita menjadi bangsa terjajah.”Ajaknya.

Lanjut Poempida, Konsep pusat teknologi (science centre) nantinya akan ada pusat teknologi macam museum atau ruang untuk berinteraksi secara science. Dilengkapi dengan cafe, toys store science, serta kantor alumni ITB.

“Siapapun yang nantinya punya gagasan brilian dalam pengembangan teknologi ini kita terbuka, saya yakin gerakan ini nanti tidak bergerak sendiri. Gerakan ini seperti induksi.”Katanya.(Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed