oleh

Peran Media Penting Untuk Membantu Pemberi Informasi Dan Mengungkap Kasus Kasus Yang Terjadi Di Masyarakat

Bogor, Radarkotanews.com – Deputi Partisipasi Masyarakat-Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak menggelar Panduan Pelatihan Yang Sensitif Gender Dan Ramah Anak Bagi Media berlangsung 13-14 April 2016 di Hotel Salak Tower-Bogor.

Asisten Deputi Partisipasi Media-Kementerian PP&PA, Bambang Kristianto mengatakan Di Indonesia, peran media menjadi salahsatu prasyarat dalam pengarusutamaan gender.

Menurutnya ada dua tujuan strategis yang ingin dicapai dalam area Media dan Gender;
1. Meningkatkan akses dan partisipasi perempuan dan memberikan akses untuk berekspresi dan akses pada pengambilan keputusan dalam dan melalui media dan teknologi komunikasi.

2. Mempromosikan sebuah gambaran (potret) tentang perempuan dan anak perempuan yang seimbang dan menghilangkan prasangka negatif (stereotype), mendorong pelatihan yang sensitive gender bagi para pekerja media dan mengambil langkah-langkah efektif dalam menentang pornografi.

Pekerja media yang bias dan memiliki prasangka gender merupakan kendala utama bagi beragamnya potret tentang perempuan dan representasi (keterwakilan) perempuan di Media.

“Peran media penting untuk membantu memberi informasi dan mengungkap kasus-kasus yang terjadi di masyarakat, terutama yang dialami oleh perempuan dan anak, karena itu media yang sensitif gender dan ramah anak diperlukan agar dapat melindungi korban dan membantu korban mendapatkan layanan,” ungkapnya saat pemaparan, Rabu (13/4)

Kabid Partisipasi Media Elektronik dan Sosial, Imiarti mengatakan Pelatihan Gender bagi Media menjadi penting karena membantu para pekerja media untuk memahami bahwa sikap, prasangka, bias dan konstruksi gender telah menguasai (hegemoni) media.
“Pelatihan ini juga membantu mengenali dan menganalisis ketimpangan relasi antara perempuan dan laki-laki dalam media,”katanya.(IV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed