Penyebab Harga Logistik Naik Akibat Krisis Ruang Kapal

RadarKotaNews, Jakarta - Fenomena kelangkaan kontainer di sektor logistik saat ini sudah merembet ke krisis ruang kapal yang ujung-ujungnya menaikkan harga logistik.

Hal tersebut sebagaimana di sampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara webinar Kagama TV, Kamis (25/11/2021).

Awalnya kata Budi, dimulai di Amerika Serikat (AS) dan Eropa namun kini dampak masalah logistik sudah terasa sampai di Indonesia. “Sekarang ini krisis bukan kontainer lagi tapi krisis ruang, mau tidak mau berimbas ke dalam negeri,” katanya

Budi menyebut celakanya kesulitan logistik saat ini dimanfaatkan oleh shipping line dengan membatasi ruang kapal yang bisa beroperasi.

Kendati demikian, ia menyebut Kemenhub melakukan beberapa cara untuk mengatasi persoalan pengiriman. Salah satunya dengan bekerja sama dengan beberapa penjual grosir agar melakukan pengiriman bersama agar menekan biaya dan ruang.

Walau masih terjadi kenaikan, namun ia menilai pengiriman bersama bisa meminimalisir harga pengiriman.

“Mereka bisa pesan dan satukan, masih terjadi kenaikan memang karena ruang kapal berkurang maka otomatis dalam negeri juga terjadi kontraksi di mana angkutan-angkutan tertentu menipis,” jelas dia.

Selain itu, ia menyebut Kemenhub juga bekerja sama dengan Kadin Indonesia untuk memulai perjalanan logistik mandiri ke negara-negara tujuan ekspor.

“Pemerintah sudah koordinasi dengan Kadin memikirkan solusinya, di antaranya ingin membentuk Indonesia Corporate yang memulai suatu perjalanan katakan kalau belum bisa AS, bisa Hong Kong atau China,” pungkasnya. [fy]

Penulis:

Baca Juga