oleh

Pengawasan WNA dan TKA di Banten Harus di Perketat

RadarKotaNews – Kepala Devisi Imigrasi Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Banten, Dodi Karnida H Atmaja menyebut wilayah Tangerang ada tiga Kantor pelayanan Imigrasi yaitu di Kantor Imigrasi Tangerang, Kantor Pembuatan Paspor BSD dan Gerai Perpanjangan Paspor di Mall Tangcity.

“Kami terus bekerja melalui penyusunan program debirokratisasi pelayanan keimigrasian dalam izin tinggal serta pengawasan di seluruh wilayah Prov. Banten,”kata Dodi dalam Rapat Koordinasi Implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 dan Permendagri Nomor 49 Tahun 2010 Tentang Pemantauan Tenaga Kerja Asing tahap ke-2, di Kantor Kementrian Agama, Tangerang Selatan, Jumat (08/11)

Menurut Dodi, pengawasan WNA atau TKA di Indonesia adalah tanggung jawab semua aparat. Selain pihak Imigrasi, juga dibantu oleh kepolisian, Kejaksaan, TNI, serta pemerintahan daerah. Sebagaimana dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Menteri Hukum dan HAM.

“Total WNA yang sudah mengajukan mohon ijin tinggal di wilayah Banten sampai Bulan Oktober 2019 ada sekitar 4.445. Sedangkan total keberadaan WNA di Banten ada sekitar 9.005 orang. Terutama pengawasan Tenaga Kerja Asing juga, kita ketat dalam pengawasannya,”tegas Dodi.

Meski investasi tetap berjalan dengan berbagai syarat dari investor tersebut, tetap harus di lakukan pengawasan ketika sudah di Banten.

“Beberapa Warga Negara Asing sering bermasalah yang paling banyak adalah Warga Nigeria kemudian, RRC, Bangladesh dan Srilangka.”Tukasnya. (Adrian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed