oleh

Pengalihan Isu Pilkada Maut Sudah Start, HRS Meninggal di Jadikan Isu Awal

RadarKotaNews, Jakarta – Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menilai, Informasi soal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) meninggal dunia karena tertabrak unta di Arab Saudi. Merupakan kabar bohong alias hoaks.

“Juru bicara Habib Rizieq Shihab
(HRS) telah memberikan klarifikasi bahwa berita itu hoaks,” ujar Novel
Bamukmin kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/9/20).

Menurut Novel, kabar hoaks demikian sering disebar dalam berbagai versi dengan tujuan mengalihkan isu soal rezim Joko Widodo (Jokowi).

“Seingat saya berita-berita hoaks seperti itu sudah sering disebar dengan berbagai macam versi. Tujuannya untuk pengalihan isu,” tukasnya

Dengan demikian, Wakil Ketua Dewan Muzakarah GPMI DKI Jakarta itu menduga, hoaks HRS meninggal tertabrak unta sengaja dihembuskan sebagai pengalihan isu kenekatan rezim Jokowi yang menggelar Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini dibuat untuk mengalihkan isu Pilkada maut yang rezim ini nekat tetap menyelenggarakan padahal telah menyimpang dari aturan dan hukum apapun,” jelasnya.

Lanjut, Novel menuding buzzeRp neo PKI yang membuat isu HRS ditabrak unta. “Isu itu dibuat oleh siapa lagi kalau bukan buzeeRp neo PKI yang memang anti kepada ulama yang lurus demi mengadu domba dan memecah belah bangsa agar peran ulama dan umat Islam semakin dilemahkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, narasi soal Habib Rizieq meninggal tertabrak unta itu diunggah oleh akun Facebook bernama Yoga Howedes. Disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi saat acara balapan unta di Arab Saudi.

Akun itu membagikan foto tangkapan layar media online Amerika Serikat, New York Times yang diberi judul ”HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi yang tayang pada 20 September.

Namun berdasarkan cek fakta yang dilakukan oleh situs Turn Back Hoax pada Selasa 22 September 2020, dinyatakan bahwa informasi tersebut palsu alias hoaks.

Berikut penjelasan situs Turn Back Hoax:.

(SALAH) “‘HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi’

Melalui media sosial Facebook, akun @YogaHowedes membagikan foto berupa tangkapan layar artikel “The New York Times” berjudul “HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi” dengan tanggal penerbitan menunjukan 20 September 2020. Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa unggahan milik @YogaHowedes adalah palsu alias hoaks.

Coba melakukan penelusuran pada laman The New York Times dengan menggunakan kata kunci “HRS” dan “Arab Saudi”. Faktanya, tidak ditemukan artikel dengan judul “HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi”. Nytimes.com tidak pernah mengunggah berita dengan judul tersebut, baik pada 20 September 2020 maupun di tanggal lain.

Melansir dari jpnn.com pada pemberitaan berjudul “Dari Arab Saudi, Habib Rizieq Suarakan Penolakan Pilkada 2020” yang tayang pada Selasa, 22 September 2020, 10.50 WIB. Mengacu pada isi berita artikel jpnn.com, diketahui bahwa kondisi Rizieq Shihab tidak seperti halnya yang disampaikan oleh akun @YogaHowedes.
Jika merujuk pada seluruh referensi, unggahan @YogaHowedes adalah palsu alias hoaks. Unggahan tersebut masuk dalam kategori misleading konten atau konten menyesatkan. (fri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed