oleh

Nasdem Dukung Wacana Naikan Angka Ambang Batas PT Sampai 7 Persen

RadarKotaNews, Jakarta – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mendukung wacana menaikan angka ambang batas parlemen atau Parliamentary Treshold (PT) di dalam undang-undang partai politik. Dari 4 persen menjadi 7 persen.

“Jelas bagi NasDem sejak awal Pemilu awal diikuti sepakat ambang batas Parliamentary Threshold minimal 7 persen. Artinya usulan NasDem pada perubahan batas minimum harus ditingkatkan dari 4 persen menjadi 7 persen,” ujar Surya Paloh dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/1/2020).

Dikatakan Paloh, dengan naiknya angka PT menjadi 7 persen, partai politik akan terseleksi secara alamiah. Penyederhanaan parpol dinilai dapat meningkatkan kualitas institusi parpol itu sendiri.

“Upaya penyederhanaan partai politik itu baik. Upaya penyederhanaan parpol yang pernah terjadi di negeri ini bagus sekali,” katanya.

Surya menambahkan tidak ada yang salah dengan penyaringan partai politik. Hal itu justru bisa menghasilkan partai yang berkualitas dalam manajemen institusi.

“Sehingga menghasilkan nilai kualitatif yang lebih berarti dalam memperjuangan ideologi dan visi misi partai politik,” ujarnya.

Namun demikian, dikatakan Surya, jika sampai dengan saat ini ada pihak-pihak yang menggaungkan argumentasi bahwa berpartai politik adalah salah satu hak berserikat dan berkumpul, maka dirinya pun tidak mempersoalkannya.

“Ketika hanya sekadar argumentasi itu hak berserikat, mendirikan institusi ya silakan saja. Tapi kalau memang fungsi peran dan tugas parlemen memperkuat UU, ya (PT) 7 persenlah,” kata Paloh. (war)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed