oleh

Masalah Bawang Putih Tidak Akan Pernah Selesai

RadarKotaNews, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi
Harga bawang putih belakangan ini menunjukan kenaikan yang signifikan. Kenaikan tersebut membuat resah masyarakat di sejumlah wilayah.

“Persoalan bawang putih sampai kapanpun tidak akan pernah selesai, problemnya akan selalu seperti sekarang ini,” kata Dedi di Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/20).

Menurut dia, secara kultur bawang putih itu adalah tanaman yang tidak bisa berkembang di Indonesia, karena suhu tanahnya sangat berbeda. Lain lagi dengan bawang merah.

“Kenapa tidak bisa berkembang, karena memang kultur tanahnya berbeda, sehingga kalaupun dipaksakan secara terus-menerus, maka tak akan bisa menghasilkan produksi sesuai dengan harapan, ini yang harus menjadi catatan penting bagi kita,” jelas Dedi.

Yang terpenting adalah bagaimana merangsang para petani lokal agar mereka didorong secara sungguh-sungguh, bukan hanya sekedar tanam bawang, memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh kementerian pertanian. Tetapi kesungguhan untuk menanamnya menjadi produksi.

“Artinya arealnya dari sekarang dimaping dengan baik. Kan ga bisa tanam bawang putih di areal yang suhunya panas, yang pasti harus di daerah dingin,” terangnya.

“Aspek prosedural jangan menjadi titik utama dalam setiap kebijakan sosial. Tetapi aspek substansial pada output dan benefit dari sebuah kebijakan itu yang harus dilakukan, ini kan harus menanamkan para importir yang harus dilakukan,” tutupnya. (fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed