oleh

Maluku Utara terbaik di Rapimnas, ini pesan Ketua HKTI Kepsul

RadarKotaNews – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang digelar di Ballroom Hotel Discovery Ancol-Jakarta Utara (9/11), berakhir tadi malam. Dewan Pengurus Provinsi (DPP) HKTI Maluku Utara (Malut) keluar sebagai DPP terbaik tahun 2019.

Rasa bangga dan bahagia menyelimuti para pengurus HKTI Malut, DPP dan Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) yang berkesempatan hadir pada acara rapimnas HKTI di Jakarta sontak bertepuk tangan gembira saat Ketua DPN (Dewan Pimpinan Nasional) HKTI Moeldoko menobatkan Maluku Utara sebagai DPP HKTI terbaik tahun 2019.

Sebelumnya pada saat penutupan Rapimnas, Sekdjen HKTI Bambang Budi Waluyo juga memberikan Apresiasi Khusus kepada HKTI Malut terkait konsolidasi yang masiv membentuk DPK di 10 Kabupaten/Kota, tingkat kecamatan, Desa dan Kelompok Tani (Gapoktan).

Berikut pernyataan Sekdjen HKTI Bambang BW di Arena Rapimnas.
“Terkait konsolidasi organisasi HKTI Maluku Utara sangat baik, dalam waktu singkat sudah terbentuk DPK, juga tingkat kecamatan dan seterusnya. Ini sangat baik dan yang sangat kita harapkan, dan HKTI bergerak harus mempunyai laporan, sehingga kami di DPN bisa membaca kondisi petani di setiap wilayah secara detail,” ungkap Sekdjen HKTI.

Bambang BW berharap setiap pergerakan HKTI dan informasi apapun harus dilaporkan, mulai dari Gapoktan ke HKTI Desa, diteruskan ke Kecamatan, kemudian ke DPK, DPP dan akhirnya DPN bisa menyerap informasi itu secara lengkap.

Sementara itu Ketua DPP Malut Danny Missy yang juga merupakan Bupati Halbar, pada pandangan umum menyampaikan,

“Tekad dan tujuan kita sama, Petani Makmur. HKTI Malut mempunyai program diantaranya pengembangan pertanian berbasis kepulauan, kemudian pertanian yang kami sedang kembangkan adalah Jagung, Padi Ladang, Padi Sawah serta arahan DPN yakni pengembangan Bibit padi M 70 D dan M 400,” ujar Danny dari atas Podium Rapimnas.

Saat ditemui di acara malam ramah-tamah HKTI usai rapimnas. Ketua HKTI Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes yang juga Bupati Sula menyampaikan pesan.
“Sangat luar biasa rangkaian kegiatan hari ini, menambah wawasan, pengetahuan serta meningkatkan SDM Kita sebagai pengurus tingkat provinsi, kabupaten sampai ke Desa-desa.
Memang sudah saatnya kita mengatakan bahwa petani adalah profesi yang menjanjikan, untuk itu kita harus bisa meyakinkan mereka terutama petani mileneal, bagaimana cara bertani yang baik, bertani yang modern sehingga hasilnya jauh lebih baik dari cara-cara tradisional dan konvensional seperti yang orang tua-tua kita lakukan dulu,” ujar Hendrata.

Hendrata Thes yang malam itu didampingi Sek. HKTI Sula Faruq Bahanan, Bidang Pemberdayaan Petani Ikbal Kharie, dan Ajis Agus Banapon pada Bidang OKK nampak masih bersemangat seperti peserta rapimnas lainnya mengikuti acara ramah-tamah yang diadakan di swimming pool Hotel Discovery.

Hendrata Thes menambahkan, untuk Kepulauan Sula konsep Petani Milineal menjadi tujuan dan Cita-cita HKTI Kepsul,
“jadi kita harus bisa meyakinkan kaum muda, petani Milineal, serta yang tadi saya bilang mengajarkan cara bertani yang baik, yang modern sehingga bisa mencapai keberhasilan yang berlipat,” imbuh Hendrata.

Komentar singkat ditambahkan Sek. HKTI Kepsul, Faruq Bahanan yang juga merupakan pilot project HKTI di kepulauan Sula.
“banyak tantangan kedepan, dan sesuai arahan Ketua, Kita harus terus berbuat, berbuat dan berbuat. Petani MAKMUR, HKTI jaya, itu saja.” Ujar Faruq mantap. (RL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed