Mahalnya Biaya Pendidikan, KMBR Gelar Aksi di Kampus Unisma 45

RadarKotaNews, Bekasi - Sejumlah massa mengatasnamakan diri dari
Koalisi Mahasiswa Bekasi Raya (KMBR), menggelar aksi unjuk rasa di Depan Kampus Unisma 45 Jalan Cut Mutia Raya, Margahayu, Bekasi Timur, Rabu (28/4/2021)

Mereka menuntut kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud untuk menurunkan mahalnya biayanya pendidikan.

Koordinator aksi Reza mengatakan Menyongsong May Day dan Hardiknas bulan Mei adalah momentum para aktivis gerakan untuk merefleksikannya dalam bentuk apapun.

Menurut Reza, pendidikan membayar mahal dan para buruh dibayar murah menjadikan angka putus sekolah / kuliah mencapai 50 persen harus segera dihentikan

Dalam orasinya, Reza menyebut, ditengah krisis kesehatan dan ekonomi, ancaman putus sekolah serta lingkungan kerja yang tidak layak pun semakin nyata.

"Kami menuntut kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, sebab masa sebelum pandemi angka putus kuliah rata-rata mencapai 18% lalu di masa pandemi angkanya bisa mencapai 50%,"tegas Reza

Di sisi lain berdasarkan data kemendikbud tahun 2020 jumlah putus sekolah dari SD sampai SMA sudah 157.000 siswa yang berhenti sekolah. Namun dalam situasi tersebut belum ada tindakan nyata dari pemerintah untuk memberikan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apalagi kata Reza, sistem Neoliberalisme yang masuk ke dalam dunia pendidikan sehingga orientasi pendidikan bukan lagi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melainkan hanya untuk mencari profit dan royalti karena orientasinya pasar.

"Menurut Bappenas per tanggal 21 Januari 2021 sudah 24 juta buruh yang di PHK selama pandemi. Tentu ini juga bagian yang tak terpisahkan dari rantai neoliberalisme yang sudah mengikat hingga ke leher rakyat Indonesia," beber Reza

Ditengah situasi tersebut justru malah diperburuk oleh pemerintah dengan membentuk kementerian investasi. "Artinya Pemerintahan Indonesia jelas terlalu menghamba kepada investasi asing dan tidak peduli dengan potensi anak bangsa," pungkas Reza. (Denis)

Penulis:

Baca Juga