KOMPAJA Desak Percepatan Pelaksanaan Pemekaran DOB di Papua

RadarKotaNews, Jakarta - Sejumlah massa mengatasnamakan dari Komunitas Masyarakat Papua Jakarta (KOMPAJA), menggelar aksi unjuk rasa di Pintu Monas Barat Daya, Selasa (10/5).

Mereka menyerukan percepatan pelaksanaan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Koordinator aksi Morek Sangaji Warwy dalam orasinya mengatakan Bahwa DOB adalah solusi untuk mempercepat dan meratakan pembangunan di Papua, jadi tidak ada pihak manapun yang bisa menghalangi hak Orang Asli Papua (OAP) untuk mencapai kesejahteraan.

"RUU pemekaran telah dibahas wakil-wakil kita di DPR dengan melibatkan elemen masyarakat serta akademis, sehingga bohong kalau dikatakan hanya kebijakan sepihak dari pemerintah," tegas Morek Sangaji

Selain itu, Morek juga menyebut Papua wilayah besar tidak mungkin hanya dikendalikan oleh satu pemerintahan daerah, karena itu perlu dimekarkan agar rentang kendali semakin dekat dengan pelayanan lebih baik di masyarakat. "Itu keinginan semua OAP"

"OAP berbagai wil di papua juga menginginkan pemekaran, kita harus dukung agenda pemerintah pusat dan perwakilan kita di DPR sebagai penjelmaan aspirasi OAP," pungkas Morek Sangaji. (adrian)

Penulis:

Baca Juga