oleh

Komnas HAM: KUHP Kita Kedepannya Harus Sesuai Dengan Standar HAM Internasional

RadarKotaNews – Komisioner Tinggi PBB Untuk HAM, H.E. Mr. Zeid Ra’ad Al Husseun bersama Regional Representative, Ms. Cynthia Veliko berkunjung ke Kantor Komnas HAM Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, senin (05/02)

Mereka membahas tentang reformasi hukum, konflik agraria dan Papua, yang saat ini sedang dibahas di Indonesia yaitu terkait dengan KUHP.

Ketua Komnas Ham, Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa, Penting dalam pembahasan KUHP harus sesuai dengan HAM PBB, karena menurut dia, undang-undang tersebut sangat rentan dengan pelanggaran HAM.

“KUHP kita kedepannya harus sesuai dengan standar HAM Internasional.”kata Ahmad dalam Konfrensi Pers nya usai menggelar rapat dengan Komisioner Tinggi PBB Untuk HAM, H.E. Mr. Zeid Ra’ad Al Husseun, di Kantor Komnas HAM.

Soal Papua kata dia, Indonesia harus menyelesaikan secara dialogis dan harus dilakukan pemenuhan kebutuhan dasar disana untuk masyarakat Papua.

Selain itu, Persoalan LGBT di Indonesia juga menjadi perhatian, termasuk Isu soal GKI Yasmin, Syiah, dan Ahmadiyah juga menjadi perhatian oleh Komisi HAM PBB.

“Penyelesaian HAM masa lalu menurut Komisi Tinggi PBB masih menjadi sangat sulit untuk dituntaskan, tetapi Komnas HAM RI masih optimis dan berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.”katanya.

Sehingga sambung Ahmad, ini menjadi perhatian oleh Komisi Tinggi HAM PBB bertanya apakah Komnas HAM RI optimis menyelesaikan persoalan HAM di Indonesia?. Komnas HAM RI mengatakan bahwa mereka optimis untuk menyelesaikan semua permasalahan HAM di Indonesia.

“Komisi Tinggi PBB juga memberikan masukan untuk Komnas HAM RI agar selalu optimis dan serius menyelesaikan permasalahan HAM di Indonesia.” Pesannya

Menurutnya, Kegiatan ini berlangsung atas undangan resmi Pemerintah Republik Indonesia, dengan bahan dari Komnas HAM RI. Komisi Tinggi PBB juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan beberapa ormas/LSM yang berkepentingan/terkait.

Sesuai dengan hak asasi manusia dan yang namanya KUHP Undang undang yang sangan mempengaruhi dan komisioner Komnas Ham juga menyampaikan terhadap Pemerintah dan ini juga bukan kunjungan pertama yang sebelum-sebelumnya pernah juga.

Pihaknya juga, menekankan pentingnya hak dipapua apa yang terjadi yang diekpos dimedia. Bahawa ada 3 hal jender dan persoalann isu-isu politisi dan ahmadiyah supaya jadi perhatian pak presiden dan komnas ham sudah menyampaikan apa adanya dan ada pertanyaan terbaik dari beliau, apa anda sangat optimis menjadi pengurus komnas Ham..dan kami jawab sangat simpel sekali justru kami emang sangat serius dan kami sangat optimis masalah isu isu hak asasi manusia.

“Komnas Ham memang masih ada beberapa kasus yang belum diselesaikan dan pastinya akan kita selesaikan secepatnya dan kami paparkan kepada pak Zeid.”katanya.(Adrian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed