Kisah Inspiratif Tokoh Muda Rusli Prihatevy Dalam Pengabdian Masyarakat Menuju Kota Bogor Gemilang

Imam Maksum Amrullah (Kepala Pondok Pesantren Al-Um, Pagentongan - Kota Bogor)

Oleh: Imam Maksum Amrullah

Hari Kamis, tanggal 29 Desember 2022, seorang tokoh pemuda di Kota Bogor Muhammad Rusli Prihatevy genap berusia 39 tahun di saat dirinya tengah menjabat sebagai Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor.

Masyarakat Kota Bogor begitu antusias dan optimis semenjak dirinya dilantik berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 170/kep.139-Pemotda/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 170/kep.757-Pemksm/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor Masa Jabatan tahun 2019 - 2024 bertempat di Gedung DPRD Kota Bogor. Sejumlah persoalan atau pekerjaan rumah yang kompleks di seluruh lapisan masyarakat Kota Bogor pun menuntut aspirasinya agar segera direalisasikan.

Tentu saja semua itu membutuhkan proses yang tidak sebentar, dirinya kian bekerja ekstra dengan sisa waktu hanya beberapa tahun sejak dirinya menjadi tokoh penting di Kota Bogor dengan menjabat dua amanah tanggung jawab sekaligus sebagai Ketua Umum DPD Golkar Kota Bogor periode tahun 2020 - 2025 dan Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor periode tahun 2019 -2024. Namun hari ini, kita akan melihat semangat mengejar perubahan yang kuat dalam sejumlah karya pengabdian yang telah dibuatnya dalam beberapa tahun terakhir saat ini demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera menuju Kota Bogor yang gemilang.

Impian masyarakat untuk memiliki tokoh muda dan pemimpin yang berintegritas tinggi di Kota Bogor seperti dirinya akan penulis sajikan dalam tulisan ini dengan segenap capaian serta kisah inspiratifnya membangun dan mengabdi untuk masyarakat demi terwujudnya Kota Bogor Gemilang.

Karier Pengusaha & Politikus

Sejak usia remaja Muhammad Rusli Prihatevy aktif berwirausaha meniti karier dari bawah (nol). Dirinya pernah tercatat sebagai pengusaha elektronik dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) Kota Bogor. Dengan kemampuan Leadership dan Communication yang dimilikinya, mengharuskan dirinya dapat merangkul sesama pengusaha elektronik se-Kota Bogor agar dapat maju dan sukses dibidang usaha yang sama. Beberapa event skala besar pernah diadakannya bersama tim pengurusnya, diantara yang terbesar adalah event Metro Bogor Comtech: Pameran Gadget & IT tahun 2016 yang diadakan di Mall Botani Square Kota Bogor.

Seperti halnya pepatah mengatakan; “Dibalik Pria Sukses, Selalu Ada Perempuan Tangguh nan Hebat Bersamanya”. Perjalanan inspiratif dari pasangan suami – istri Muhammad Rusli Prihatevy dan Noni Ayi menjadi kisah yang menginspirasi semua orang. Bersama sang istri Noni Ayi, dirinya membangun usaha bersama-sama diberbagai bidang. Dimulai dari ketertarikan sang istri yang suka berdagang, Noni Ayi aktif memasarkan dan menjual jenis dagangan apapun dengan menjadi resseler. Dilanjut dengan mencoba bisnis bengkel sendal dan sepatu, berlanjut membuka butik kerudung dan terakhir banting setir membuka bisnis alat elektronik handphone dan sejenisnya.

Jatuh bangun meniti karir menjadi pengusaha bersama dari bawah (Nol) dan tanpa modal, pasangan suami – istri tersebut mencoba peruntungan lain dengan merambah membuka bisnis produk kecantikan atau kosmetik. Pada tahun 2019, telah resmi berdiri unit usaha bisnis di bidang kosmetik dengan diberi nama Noni Beauty Skin (NBS). Berbekal jaringan resseler yang dimiliki sang istri, Noni Ayi meyakinkan Rusli Prihatevy sang suami bahwa keinginan membuka usaha dan lapangan pekerjaan adalah suatu keharusan pengusaha sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Dan benar saja, dengan kegigihan sang istri bersama dibantu suami, mereka berhasil membuktikan bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Tercatat perjalanan bisnisnya dibidang kosmetik itu selama tiga tahun lamanya, Noni Beauty Skin berhasil menembus angka member sebanyak 43.000 resseler dengan penjualan fantastis disetiap membernya yang sudah tersebar diseluruh Provinsi dan Kota di Indonesia.

Dengan mempunyai keinginan membantu perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat, Rusli Prihatevy dan Noni Ayi termotivasi ingin mewujudkan Wanita berdaster memiliki pekerjaan dan penghasilan milyaran dari rumah. Keberhasilan itu murni karena hasil kerja keras bersama dengan resseler lainnya membantu memulihkan perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Selain melakukan pengabdian dalam hal membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Kota Bogor. Rusli Prihatevy mencoba pengabdiannya di jalur politik dengan menjadi kader Partai Politik Golongan Karya (Golkar) Kota Bogor serta mencalonkan diri menjadi abdi bangsa dan negara sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, tujuannya bukan hal lain agar dapat dirinya bisa bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara. Dan benar saja, dirinya kian menjadi tokoh penting yang dapat menjangkau semua elemen masyarakat Kota Bogor dari kalangan pemuda.

Rusli Prihatevy terpilih sebagai wakil rakyat sebagai Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor periode 2019 - 2024 dan kian bertambah kebermanfaatannya dengan terpilih sebagai Ketua Umum DPD Golkar Kota Bogor periode 2020 - 2025. Sejak dirinya terpilih sebagai orang nomor satu di Partai Golkar Kota Bogor, dirinya di alih tempatkan posisi dengan terpilih sebagai Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor.

Hal itu lumrah terjadi dikarenakan agar kebermanfaatan dirinya dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat semakin terasa keseluruhannya. Pengabdiannya dalam membangun masyarakat sebagai politisi dengan selalu menyerap aspirasi melalui reses diseluruh Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Bogor semakin terasa kebermanfaatannya. Dirinya selalu hadir bersama masyarakat yang membutuhkan bantuan apapun dan selalu dapat direalisasikan.

Kiprah Pengabdian

Dilahirkan dari keluarga sederhana tidak membuat dirinya enggan untuk berkontribusi membangun masyarakat dan tempat kelahirannya. Berkeinginan menjadi Insan yang bermanfaat untuk masyarakat, mengharuskan dirinya terus bekerja keras agar dapat mencapai cita-cita luhur yang diinginkannya sebagai pengabdi masyarakat. Sebagai putra daerah dan tokoh muda Kota Bogor yang memiliki integritas, Muhammad Rusli Prihatevy mampu menjadi sosok yang bersahaja, mengayomi, peduli dan berdedikasi tinggi untuk mengabdi kepada semua lapisan masyarakat.

Tanggung jawab yang saat ini diemban olehnya menjadikannya mampu dapat profesional dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara tentunya untuk masyarakat Kota Bogor yang dicintainya. Memiliki visi kuat menjadikan Kota Bogor Gemilang, dirinya terus berupaya merealisasikan keinginannya dengan merangkum beberapa pilar tugas pokok untuk kepentingan masyarakat.

Dari hal rangkuman agar keinginannya tercapai sebagai bentuk pengabdiannya, dirinya ingin mewujudkan masyarakat Kota Bogor anti kelaparan, menciptakan kesejahteraan masyarakat dari segi keamanan, kesehatan, pendidikan dan kemandirian ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan agar terciptanya ekosistem kebermanfaatan yang baik demi terwujudnya Kota Bogor yang gemilang.

Dirinya terlihat aktif membangun bukti nyata pengabdiannya dengan terus berbagi bantuan sosial kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta turut aktif terjun di momentum terjadinya bencana alam sebagai bentuk kepedulian Sense of Humanity.

Dirinya tercatat aktif selalu memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan bukan karena soal pencitraan, melainkan dirinya memang senang membantu dan mendarmakan dirinya menolong kaum Mustadh’afiin (kaum lemah / tertindas). Dikarenakan dirinya berangkat dari bawah dan pernah merasakan hal yang sama, membuat dirinya ingin selalu berada menjadi garda terdepan dalam hal kemanusiaan dan turut aktif menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat Kota Bogor.

Melalui bendera perusahaan NBS yang dimiliki bersama istrinya, Noni Ayi mendapat beberapa penghargaan dari Pusat Rekor Indonesia sebagai Best Inspiring and Creative Women Awards 2019, Women of Excellence Indonesia Awards 2019 dan penghargaan sebagai Pengusaha Berprestasi Award 2019.

Kepedulian berbagi yang dilakukan dirinya juga dirasakan oleh segenap generasi Islami dari kalangan santri, yatim - piatu dan Dhuafa. Komitmen dirinya dalam hal membangun kesetaraan kesejahteraan terhadap segenap santri dan lembaga pendidikan keagamaan Pondok Pesantren, menjadikannya dekat dengan kalangan Ulama dan layak disebut sebagai tokoh muda yang bernafaskan Islam serta bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil Makmur yang diridhai Tuhan Semesta Alam.

Penutup

Semangat membangun dan mengabdi kepada masyarakat dari kisah inspiratif pasangan suami - istri Rusli Prihatevy dan Noni Ayi adalah paket lengkap dari sebuah kebaikan dan keberkahan yang penulis amati dari darma baktinya untuk masyarakat. Sejak awal perjalanannya dimulai dari bawah (Nol) From Zero to Hero, Muhammad Rusli Prihatevy dan istrinya Noni Ayi telah mampu membuktikan bahwa dirinya memang pantas mendapat segala apresiasi dan penghargaan tinggi dari kebaikan pengabdian dan dedikasinya untuk masyarakat Indonesia khusus Kota Bogor. Mengemban Amanah sebagai Wakil Rakyat dan Pengusaha yang menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat adalah hal mulia dari sisi pengabdian.

Khoiru An-Naas Anfa’uhum Li An-Naas, segala catatan kebaikan yang mewarnai setiap langkahnya selama mengabdi adalah bagian dari bentuk kebersyukuran atas Rahmat dan Kasih Sayang Tuhan Yang Maha Baik, atas dasar bentuk rasa syukur itulah ia kembalikan dalam bentuk sedekah dan pengabdian untuk masyarakat yang membutuhkan.

Tidak ada satupun perubahan di dunia ini tanpa kerja keras, tidak ada yang instan. Rusli Prihatevy dan Noni Ayi adalah bukti dari semua proses perubahan itu yang membuahkan hasil. Saya abdi Bogor selalu mendoakan kebaikan atas apa yang dilakukan Kang Rusli Prihatevy dan Teh Noni Ayi semoga selalu mendapat keberkahan dan kesuksesan di masa depan, agar dapat terus mengabdi dan bermanfaat untuk bangsa dan negara.

*) Penulis adalah Kepala Pondok Pesantren Al-Um, Pagentongan - Kota Bogor

Baca Juga