Kades Fagudu M. Ali Duwila Tanggapi Tudingan Ahli Waris Rahma Kacong

M. Ali Duwila, Kades Fagudu-Kec. Sanana Kota, Kab. Kepulauan Sula

RadarKotaNews, Malut - Kepala Desa Fagudu-Kec. Kota Sanana, Kab. Kepulauan Sula-Maluku Utara, M. Ali Duwila akhirnya menjawab tudingan ahli waris Rahma Kacong Erwin Elvin Budiyanto yang menuding dirinya terlibat jual-beli tanah secara ilegal.

Kepada media ini, M. Ali menyampaikan bahwa yang sebelumnya juga dilansir oleh Radarkotanews.Com, Kades Fagudu dituding menggelar jual-beli tanah secara ilegal diwilayah hukum desa Fagudu, tudingan Budi berdasarkan Surat Perjanjian Jual-Beli Tanah/Lahan tertanggal 7 April 2022 .

Menurut Kades Fagudu-Kec. Kota Sanana, M. Ali Duwila, tudingan tersebut adalah keliru karena pada dasarnya pemerintah desa tidak terlibat dalam transaksi jual-beli tanah, karena yang melakukan transaksi adalah kedua belah pihak, yakni pihak penjual dan pembeli.

Pemerintah desa, dalam hal ini Kades dan Jajarannya hanya bersifat mengetahui bahwasannya transaksi jual-beli tanah tersebut terjadi di desa Fagudu, ungkap M. Ali, Rabu (22/6).

‚ÄĚPemerintah desa Fagudu tidak berpihak pada siapapun dalam persoalan ini, karena kami hanya menjalankan tugas dan kewenangan kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu kami membuka diri kepada semua pihak, jika ingin berkoordinasi atau apapun itu sepanjang masih berkaitan dengan kewenangan dan tanggung jawab kami sebagai pemerintah desa Fagudu.

Terkait dengan keabsahan dokumen yang dipersoalkan para pihak dalam jual-beli tanah diwilayah desa Fagudu, pemerintah desa tidak mempunyai kewenangan dan kapasitas untuk menentukan hal tersebut, untuk itu silahkan dibawa ke pihak yang berwenang yang mengurusi hal tersebut, pada dasarnya kami hanya melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat dan tetap memberikan pelayanan masyarakat sesuai dengan amanat UU, ujarnya.

M. Ali Kades Fagudu menambahkan, menyangkut dengan Surat jual beli yang tidak menggunakan Kop Desa dan tidak menggunakan Nomor keluar surat dari Desa adalah bukan Produk yang dikeluarkan Dari desa, akan tetapi surat jual beli tersebut di Buat sendiri oleh Masyarakat dan dimintai tandatangan kepada kades dan jajaran aparat desa ukt diketahui bahwa tanah yang diperjual belikan kedua belah pihak ada di Desa Fagudu.

Pernyataan dari Kades Fagudu M. Ali, sekaligus menjadi bantahan dirinya atas tudingan salah satu ahli waris Rahma Kacong, yakni Erwin Elvin Budiyanto. (RL)

Penulis:

Baca Juga