oleh

JK Ingatkan Kepala Daerah Agar di Terapkan Hasilnya Usai Studi Banding di Luar Negri


RadarKotaNews – Para Kepala Daerah yang suka melakukan studi banding ke luar negeri diingatkan untuk menerapkan dengan baik hasilnya, di kota yang dipimpin kepala daerah tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/19).

“Jangan hanya kita studi banding ke Singapura, Tokyo atau ke mana saja. Tapi, melaksanakannya dengan baik,” kata Wapres Kalla.

Bekas Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, studi banding tidak hanya perlu dilakukan ke luar negeri. Tetapi, bisa dilakukan di kota-kota dalam negeri.

“Studi banding ke kota lain, Surabaya bersih, atau Tangerang baik, ya studi banding ke situ,” kata Wapres.

Kalla menilai para wali kota atau bupati tersebut juga bisa belajar dari sesamanya. Selain hemat anggaran, Wapres meminta para kepala daerah tidak malu untuk meniru apa yang terjadi di kota lain, di Indonesia.

“Jepang bukan pintar amat, mereka pintar meniru dari Amerika sehingga maju. Korea juga tidak cerdas amat, tapi mereka pintar meniru dari Jepang. Kalau Cina meniru dari seluruh dunia,” kata Wapres.

Dirinya mengakui jika teknologi semakin memudahkan pengelolaan kota saat ini. Akan tetapi, teknologi menjadi sia-sia apabila kepala daerah tidak cerdas.

“Semuanya tergantung kecerdasan walikota dan bupati,” kata Wapres.(fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed