oleh

Jelang Tutup Tahun 2019 Nilai Tukar Rupiah Menguat

RadarKotaNews, Jakarta – Nilai tukar rupiah rupiah terhadap dolar AS menjelang tutup tahun 2019 menguat. Optimisme pelaku pasar akan adanya pengurangan impor migas menyusul diluncurkannya bahan bakar B30 yang berpotensi memperbaiki struktur keuangan negara, berhasil mengangkat kurs rupiah pada perdagangan Kamis (26/12/2019).

Di pasar spot antar bank rupiah naik 4 poin atau 0,03 persen menjadi Rp13.975 per dolar AS dibanding posisi sebelum libur bersama Natal, Senin (23/12/2019) di level Rp13.979 per dolar AS.

Analis pasar uang mengatakan, timbulnya optimisme di pasar uang merupakan pertanda baik untuk perekonomian nasional tahun depan. Apalagi pengaruh eksternal juga menunjukkan tanda-tanda positif di mana hubungan AS-China diperkirakan kembali harmonis setelah kedua negara mencapai kesepakatan damai dagang fase I yang sepertinya akan diteken pada awal bulan depan.

Sementara dari dalam negeri, beberapa faktor yang memberikan kepercayaan diri pelaku pasar adalah akan diimplementasikannya bahan bakar biodiesel 40 persen (B40) yang akan dilanjutkan dengan B50, B60, bahkan hingga B100.

Kebijakan yang kemudian mengurangi impor migas ini memberikan efek yang positif ke pasar uang. Ditambah lagi beberapa kebijakan gabungan dari bank sentral Indonesia dan pemerintah memberikan kenyamanan bagi pelaku pasar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed