oleh

Jelang Pilkada TJI Akan Gelar Diskusi untuk Mewaspadai Hoax dan Sara

RadarKotaNews, Jakarta – The Jakarta Institute berencana akan menggelar diskusi dengan mengangkat tema “Mewaspadai Hoax dan SARA Jelang Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ”. Kegiatan sendiri akan dilaksanakan pada Selasa, 18 Februari 2020 bertempat di Hotel Sofyan, Tebet, Jakarta Selatan.

Akan hadir sebagai Narasumber yaitu Irma Suryani Chaniago (DPP Partai Nasdem), Asep Saifuddin (Pengamat Indobarometer), Helmy Fajar Andrianto (Kekominfo RI), Reza Fahlevi (Direktur Eksekutif The Jakarta Institute) dan Perwakilan dari KPU RI

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, RM. Sumadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan Pilkada Serentak 2020 agar berjalan aman dan tanpa Hoaks,” ujurnya kepada awak media di Jakarta, Senin (17/02).

Ia juga menjelaskan bahwa Pilkada merupakan sebuah pesta demokrasi yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di indonesia sehingga harus dilakukan dengan senang dan tanpa isu hoaks apalagi muncul isu SARA,” tegasnya.

Dia juga mengungkap bahwa Politik hoax dan SARA merupakan tantangan besar bagi demokrasi elektoral indonesia di pilkada serentak 2020. Apalagi sampai muncul polarisasi irasionalitas politik identitas yang diterjemahkan dalam bentuk kampanye jahat, berita bohong ( hoax ), dan politisasi SARA akan menguat.

“Untuk kita adakan diskusi ini dalam rangka mencegah itu, kita harus bisa mengevaluasi kejadian pilkada serentak ini dengan lebih hati-hati dan mengedepankan politik sopan santun,” katanya.

Makanya ia meminta agar masyarakat dan mahasiswa datang dalam diskusi yang mencerdaskan tersebut agar bisa bersama-sama menjadi pelopor perubahan dan tidak mudah termakan hoaks.

“Ayo kita datang, Insya Allah akan dapat manfaat dari para narasumber, apalagi diskusi tersebut gratis dan sangat mendidik,” ungkapnya.(fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed