oleh

Ini Harapan Kepala KUA Sanana Terkait PA

RadarKotaNews, Kepsul – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Jakaria Bilmona, S.Ag mengatakan terkait perlunya Pengadilan Agama membuka praktek peradilan di Sula.

“KUA Sanana banyak menjumpai pasangan ingin menikah namun kesulitan mengurus perceraian pernikahan mereka sebelumnya, baik pasangan menikah juga personal yang ingin mengurus cerai pernikahannya,” ujar Jakaria saat di mintai keterangan di sela-sela kesibukannya di kantor KUA, Sula, senin (23/9)

Seperti diketahui, Pengadilan Agama (PA) belum membuka praktek peradilan di Sula, juga di beberapa Kabupaten Provinsi Maluku Utara (Malut).

Lebih lanjut Jakaria berharap, “Ada Tiga harapan saya sebagai Kepala KUA yang mana salah satu tupoksi Kami di KUA adalah mengurus masalah perkawinan.”

Pertama, Agar waktu kunjungan PA Labuha Malut ke Sula itu agar lebih intens, yang terjadi hari ini hanya beberapa kali dalam setahun.

Kedua, Agar ada perhatian terhadap pasangan yang sudah mengajukan Gugatan Cerai atau Permohonan Talak, agar akte cerainya segera di Proses dan di Keluarkan.

“Semoga segera PA membuka praktek Peradilan di Kota Sanana,”harapnya Jakaria

Sementara itu Jakaria juga menjelaskan bahwa selama ini PA Malut di Labuha melakukan sidang keliling di Kabupaten yang belum ada PA, sehingga terkadang waktunya 1 tahun sekali, hal ini kemudian menjadi kesulitan bagi pasangan yang sudah terpisah atau “sudah tidak baku bawa lai”.

Dilain sisi Jakaria mengatakan bahwa Kita semua sebagai Warga Negara yang baik dan Umat beragama yang taat, berusaha untuk tidak melakukan kesalahan. Bahwa potensi perbuatan Zina dan Maksiat tinggi sekali, karena ini kan menyangkut kebutuhan biologis.

“Semoga hal ini menjadi perhatian, sehingga bisa menekan berbagai implikasi negatif, seperti kekerasan seksual terhadap perempuan, perbuatan zina dan sebagainya, karena bisa jadi ini menjadi salah satu indikator,” tutup Jakaria. (RL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed