Indahnya Merajut Kisah di Kampus Mengajar

Oleh: Nur Aulia Fitriani

Kampus Mengajar merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa dari berbagai latar belakang pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah

Khususnya pada jenjang SD dan SMP serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini memberikan mahasiswa tanggung jawab tidak hanya membantu mengajar, namun juga membantu adaptasi teknologi, administrasi sekolah dan guru, menanamkan karakter dan nilai - nilai Pancasila kepada siswa, aktualisasi minat dan mengali potensi mahasiswa sesuai bidang studinya masing-masing.

Program ini dilaksankan kurang lebih empat (4) bulan. Penempatan kampus mengajar angkatan 3 berada pada daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Salah satu Sekolah yang mendapatkan kesempatan sebagai wahana dalam pelaksanaan program ini adalah SDN 37 Panaikang. Disana saya banyak selalu kisah dan kenangan yang bisa akita ambil.

"Dengan adanya kedatangan mahasiswa dari kampus mengajar angkatan 3 sekolah tersebut sangat terbantu, banyak memberikan manfaat pada SD kami, Dan banyak memberikan dampak yang baik kepada siswa-siswa di SDN 37 Panaikang’’ Kesan dari bapak Muhammad Rijal selaku guru pamong.

Selaku Mahasiswa yang bertugas pun sangat senang selama kegiatan ini sangat di sambut hangat oleh rekan guru dan juga siswa, walaupun ada beberapa kendala selama penugasan.

Hal yang paling berkesan dan sangat berat untuk Mahasiswa sendiri adalah untuk membantu para siswa yang belum lancar dalam membaca maupun menulis. Sangat di sayangkan para siswa yang duduk di kelas tinggi (4,5,6) masih banyak yang belum dapat membaca.

Itu adalah tantangan yang membuat kami untuk terus berjuang dalam memberikan ilmu dan serta sabar dalam mengatasi tingkah para siswa. Kami juga menanamkan sikap untuk menjaga sikap terhadap orang yang lebih tua dan saling menyayangi sesama teman untuk menghindari dari sikap bullying ataupun perundungan sejak dini.

Sebuah kehormatan dari SDN 37 Panaikang yang bisa menerima mahasiswa dari kampus mengajar angkatan 3, memberikan warna baru, memberikan ilmu yang bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kami masih banyak kurang, namun kami juga berterimakasih untuk bantuan dan support dari guru maupun warga sekitar.

Dari program ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan perubahan yang nyata pada pendidikan di Indonesia ini. Dapat membantu pembelajaran di sekolah dan mengajarkan hal-hal baru. Sehingga dengan adanya kami disana dapat memberikan perubahan yang nyata. Maju terus Pendidikan Indonesia, Indonesia Maju Indonesia Jaya !

*) Penulis adalah Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Baca Juga