oleh

HKTI Sula Bersama Instansi Terkait Tanam Padi dan Sebar Benih Ikan di Lapas Sanana

RadarKotaNews, Sanana – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kepsul melakukan ‘giat bareng’ yang Digagas bersama Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, serta Lapas kelas IIB Sanana dan Perangkat Desa Fogi serta masyarakat sekitar pada Sabtu pagi (20/7/2019).

Kegiatan yang masuk dalam Program Dinas Pertanian Kepsul yakni, Program ‘mina padi‘ yaitu strategi menanam Padi bersamaan dengan berternak Ikan Nila yang nantinya akan dipanen bersamaan dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan.

Dalam Kesempatan ini Sekdjen HKTI Sula Faruq Bahanan mengatakan “Kami memang bertekad pasca pelantikan kemarin untuk langsung action, giat bersama ini bisa sebagai langkah awal atau prakondisi sebelum Kami melakukan Raker Minggu mendatang, sesuai arahan Ketum Kami Pak Hendrata Thes untuk Kami melakukan kerjasama dan kemitraan strategis dengan Pemda melalui instansi terkait…”, ucap Pria setengah baya yang akrab disapa Haji Faruq ini bersemangat.

Terlihat dalam Kegiatan bersama jajaran pejabat Pemerintah Daerah Kepsul: Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan, Kadis PMD, Kaban Lingkungan Hidup, Ka. Lapas Kelas IIB Sanana dan Perangkat Desa Fogi serta masyarakat sekitar, yang berbaur bersama Warga Binaan Lapas kelas IIB Sanana, mereka terlihat antusias menanam Padi dan menyebar benih Ikan Nila dilahan kurang lebih 500meter persegi ini.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kepsul, Idris Ahmad mengatakan, “Saya pikir ini satu langkah yang baik, selain pembinaan ini juga merupakan bagian dari edukasi, bagi warga binaan dan masyarakat sekitar, Alhamdulillah, Kita juga mendapatkan lahan untuk percontohan, tadi sebelumnya di Desa Fogi sekitar 1KM persegi dan dilapas ini 500 meter persegi, langkah baik dan saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang bergabung pada giat hari ini”, tutur Kadistan sambil menyeka peluh diwajahnya.

Ada kejadian menarik disela kegiatan saat warga binaan menanam padi menyamping, dijelaskan Penyuluh kegiatan bahwa yang tepat adalah dengan menanam mundur.

Saat dimintai keterangan Kalapas kelas IIB Sanana, Noveri Budisantoso menyampaikan aplausnya dalam giat bersama hari ini, “ini memang yang Kami harapkan ada kerjasama dan perhatian untuk warga binaan Kami, jelas Kami merasa terbantukan dari segi alat dan pembenihan, harapan saya program ini berjenjang dan berkesinambungan, jika hari ini melibatkan puluhan warga binaan Kami, semoga kedepan bisa lebih. Dalam rangka pembinaan, pemberdayaan yang harapan saya bisa memenuhi kebutuhan pangan Kami di Lapas ini”, beber kalapas jebolan AKIP angkatan ke-21 ini mantap.

Dalam clossing steatment Sekdjen HKTI Faruq Bahanan mengatakan akan segera membuat Raker guna masing-masing Komite menyampaikan Programnya, serta segera bisa melakukan pemetaan lokasi dan area yang akan menjadi tujuan Kebun Pencontohan dan Pembinaan HKTI.

“Sesuai arahan Pak Bupati Hendrata Thes, yang juga Ketum HKTI DPD Sula, Kita akan segera melakukan pendataan sehingga bisa di teruskan oleh Tim Kajian, sehingga step by step langkahnya bisa terukur, terkait tanaman yang menjadi target bisa kita sesuaikan yang terpenting harus berbasis data dan kajian sehingga bisa terarah”, tutup Pak Sekdjen. (RL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed