Hi. Buhari Ka. BPBD Sula: Masalah Baleha Adalah Masalah Kemanusiaan dan Ini Menjadi Tanggungjawab Kita Semua

Ka. BPBD Pemda Sula, Hi. Buhari Buamona saat meninjau lokasi banjir Baleha

RadarKotaNews, Malut - Menjawab polemik siapa yang mendatangkan alat berat atau ekskavator, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Pemda Kab. Kepulauan Sula Hi. Buhari Buamona mengatakan jika menyangkut alat berat dirinya juga sudah berkoordinasi dengan semua pemilik ekskavator yang ada di Sula termasuk dengan mantan Bupati Sula, Hendrata Thes. Hal itu dilakukan pasca terjadi bencana hari pertama.

”Seharusnya tidak perlu dibesar-besarkan, yang terpenting alat itu so ada untuk melakukan normalisasi kali baleha mengantisipasi banjir susulan”, ujar Hi. Buhari.

Kepada media ini dirinya juga mengatakan jika bencana Baleha adalah persoalan kemanusiaan dan itu menjadi tanggung jawab kita semua sebagai anak negeri, sebagai orang basudara, hanya memang Pemda harus berada digaris depan sebagai perwakilan dari negara.

”Ini masalah kemanusiaan dan menjadi tanggungjawab kita semua, makanya Pemda hadir sebagai miniatur dari negara, untuk itu saya sampaikan terima kasih untuk semua pihak yang berkontribusi untuk membantu masyarakat Baleha”, lanjutnya.

Dirinya enggan menanggapi tudingan berbagai pihak terkait penanganan banjir Baleha karena baginya menjalankan tugas untuk menyelamatkan masyarakat dan mengambil tindakan yang dianggap perlu itu yang lebih utama.

”Saya memaklumi psikologis adik saya dewan Kamal Upara, namun mari sama-sama kita melihat persoalan ini secara jernih, faktanya kan pemda hadir untuk melakukan tugas penanganan banjir Baleha termasuk membantu masyarakat yang terdampak”, pungkas Hi. Buhari.

Hi. Buhari juga memberikan _aplaus_ kepada para pihak yang berkontribusi, termasuk Dewan Ramli Sade, Kepala Desa dari PAPDESI bahkan adik-adik mahasiswa yang menggalang dana untuk membantu korban banjir Baleha.

”Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, dan mari kita bergandengan tangan membantu memulihkan kondisi di Baleha, dan membangun negeri untuk kedepan lebih baik lagi”, tutup Hi. Buhari Ka. BPBD Pemda Kab. Kepulauan Sula.(RL)

Penulis:

Baca Juga