oleh

Hari Ini, Gelombang Aksi Unjuk Rasa Buruh Mulai Terjadi

Radarkotanews.com – Gelombang aksi unjuk rasa menolak PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan mulai terjadi. Hari ini, Senin (26/10/2015), ribuan buruh di kawasan industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang, Jawa Barat, melakukan aksi konvoi lumpuhkan kawasan industri.

Ribuan buruh tersebut melakukan aksi konvoi sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintahan Jokowi – JK yang telah mengesahkan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang sedianya hanya akan membuat buruh kian terpuruk kehidupannya.

Bagaimana tidak, dalam PP tersebut, upah buruh telah diatur oleh pemerintah dengan menerapkan Formulasi upah berdasarkan inflasi+PDB.

Dengan penerapan formulas tersebut, praktis akan menghilangkan andil serikat pekerja dalam dewan pengupahan dalam menentukan kenaikan UMP/UMK.

Para buruh pun menilai pemerintahan Jokowi-JK dianggap telah merampas hak serikat pekerja untuk terlibat dalam menentukan kenaikan upah minimum. Padahal, keterlibatan serikat pekerja dalam menentukan kenaikan upah merupakan sesuatu yang sangat prinsip.

Untuk diketahui, dengan diberlakukannya PP ini maka upah buruh akan naik paling tinggi hanya sebesar 10% dan akan berlaku selama puluhan tahun kedepan yang berdampak pada pemiskinan secara sistemik. Karena saat akan dimulainya MEA 2015 upah buruh Indonesia masih jauh dibawah Thailand, Philipina, Malaysia dan Singapura.

Belum lagi, kesenjangan ekonomi akan semakin terbuka lebar dengan politik upah murah  yang akan diberlakukan lagi mulai 2016.(sa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed