Hadapi Guncangan Krisis, Pemerintah Perlu Bangun Sistem Perlindungan Kesejahteraan Sosial

Ketua Majelis Syura PKS, Dr. Salim Segaf al Jufri

RadarKotaNews, Jakarta - Perlu adanya sistem perlindungan dan kesejahteraan sosial yang adaptif guna menghadapi guncangan krisis, khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

Demikian di katakan Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim dalam acara Webinar yang diselenggarakan oleh Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS bertajuk “Kajian Kebijakan Publik Menimbang Arah dan Kebijakan Kementerian Sosial Dalam Rangka Penanganan Dampak Covid-19” Rabu (6/10/2021).

Menurut Dr. Salim, Pemerintah perlu memulai perbaikan jangka panjang dengan membangun sistem perlindungan dan kesejahteraan sosial yang adaptif terhadap guncangan berbagai bentuk krisis. Sebagaimana kajian berbagai pihak yang menyatakan bahwa dampak dari Pandemi Covid-19 ini akan bertahan dalam waktu yang lama,

"Maka sepatutnya pemerintah kita juga mengantisipasinya,” ujarnya

Meski begitu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa program perlindungan sosial (termasuk bansos) memberikan dampak positif bagi masyarakat yang mengalami situasi krisis kemanusiaan, seperti bencana alam dan sosial. Namun, situasi darurat seperti pandemi COVID-19 mempertegas bahwa kerentanan memiliki banyak dimensi dan dinamis.

"Bisa jadi, bansos bukan solusi tunggal untuk memitigasi dampak Covid-19. Selain itu, pemerintah juga perlu perkuat sistem perlindungan dan pemberdayaan sosial,” jelasnya.

Mantan Menteri Sosial RI pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini juga mengingatkan peran Kemensos untuk memastikan kehadiran negara ditengah pandemi, berupa program peningkatan kesejahteraan sosial.

“Di tengah situasi pandemi, salah satu tugas mendasar Kemensos adalah memastikan masyarakat terdampak pandemi merasakan kehadiran negara, terutama melalui program-program peningkatan kesejahteraan sosial. Karenanya kinerja Kemensos perlu ditopang dengan berbagai supporting system, seperti desain kebijakan, anggaran serta political will (kemauan politik) dari pemerintah,” terang Dr. Salim.

Lanjut Dr. Salim mengapresiasi Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS yang telah menginisiasi Webinar bersama Kementerian Sosial, ia berharap hasil dari diskusi tersebut bisa ditindaklanjuti dan disuarakan Fraksi PKS di berbagai daerah.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Pengurus Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS yang sudah menginisiasi acara penting ini, Saya berharap hasil diskusi ini bisa direkomendasikan kepada DPP-PKS untuk ditindaklanjuti oleh Fraksi PKS di seluruh level agar disuarakan sebagai aspirasi dari keluarga besar PKS,” pungkas Dr. Salim

Webinar ini dihadiri Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Al Jufri dan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai keynote speaker, dan pemateri Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS Netty Prasetiyani Heryawan, Staf Khusus Kemensos Luhur Budiarjo, Ketua FOZ Bambang Suherman, dan Direktur PFI Hamid Abidin. (fy)

Penulis:

Baca Juga