oleh

Gus Dur Di Mata Anak Muda Milenial Yang Penuh Dengan Keberagaman

RadarKotaNews – Perwakilan Ketua Umum Pelajar Islam Indonesia (PII), Aris Darusalam menilai pemikiran Gus Dur yang memang penuh dengan keberagaman.

“Bagi PII hal ini menjadi sebuah inspirasi pergerakan juga bagaimana ketika kehadiran dihadirkan dengan dikotomi pendidikan, Paskah kemerdekaan yang dipengaruhi oleh agresi militer yang melahirkan pendidikan agama,”kata Aris dalam diskusi yang bertajuk “Gus Dur Di Mata Anak Muda Milenial”, Peringatan 9 Tahun Haul Gus Dur, yang di gelar oleh Jaringan Muda Nahdhatul Ulama (JMNU), di kawasan Proklamasi Menteng Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

Sambung Aris, berbicara masalah bagaimana sebaiknya asas atau sikap inklusif yang dihadirkan dalam pola pikir Gus Dur. itu pun juga menjadi panutan bagaimana asas yang di dalam pergerakan di eksternal sikap interferensi yang tetap harus ada artinya keberagaman pola pikir yang inklusif itu tentunya harus ada.

“Ketika berbicara masalah kondisi bahkan ketika berbicara masalah komunikasi seringkali tidak Langsung memiliki nilai-nilai kearifan.”tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum PP KAMMI, Irfan Ahmad, juga mengatakan dengan merawat Indonesia Hebat Saya 1 kata itu yang mungkin dalam perspektif saya secara pribadi berusaha untuk bisa merawat Indonesia yang multikultural di mana perbedaan-perbedaan itu menjadi salah satu potensi.

Di sisi lain sebagai sebuah ancaman tetapi di sini posisi Gus Dur memposisikan bagaimana kita merawat Indonesia itu dengan menghargai perbedaan.

“Perbedaannya dengan menghargai personal personal ini bahkan sampai kepada hal-hal yang paling asasi paling mendasar sekalipun.”tegas Irfan.

(Degita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed