oleh

Guncangan Pandemi Menimbulkan Dampak Krisis Kesehatan, Ekonomi Serta Sosial

RadarKotaNews, Jakarta – Guncangan pandemi global wabah virus Covid-19 menimbulkan dampak krisis di berbagai sektor. Tidak hanya menyangkut krisis kesehatan, namun juga ke masalah ekonomi serta sosial.

Indonesia menjadi salah satu negara yang turut merasakan akibat dari penyebaran wabah virus Covid-19 tersebut. Ketahanan sektor ekonomi menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.

Kabar baik datang dari sektor pertanian nasional terkait terkait kontribusinya untuk perekonomian Indonesia saat masa pendemi wabah virus Covid-19 sekarang.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, ekspor pertanian tercatat menanjak secara bulan maupun tahunan selama situasi pandemi wabah virus Covid-19 berlangsung sekarang.

Ekspor pertanian mencapai US$ 320 juta atau naik 6,10% secara bulanan dan naik 17,82% secara year on year. Penyumbang peningkatan ekspor pertanian berasal dari subsektor perkebunan, tanaman pangan, hortikultura dan peternakan.

Pengamat pangan dari UGM, Ali Agus, menanggapi hal itu, bahwa kenaikan ekspor pertanian itu disebabkan Kementerian Pertanian (Kementan) mampu menata sinergi yang baik dengan petani serta pelaku eksportir.

“Kemudian ada regulasi yang tidak berbelit saat masa pandemi sekarang,” kata Ali Agus, dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020).

Sebab kata dia, hal Itu bisa jadi pendorong kenaikan ekspor pertanian. Kementan lakukan sistem pelayanan yang baik dengan petani dan eksportir

Selain itu, Ali Agus menyebut data peningkatan ekspor pada masa pandemi wabah virus Covid-19 menandakan bahwa sektor pertanian tetap menjadi andalan utama Indonesia dalam keadaan apapun guna kepentingan ekonomi bangsa. (fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed