Direktur Prodewa Menyebut Pancasila Solusi Bangsa Ditengah Krisis Multidimensi

Foto: M Fauzan Irvan

RadarKotaNews, Jakarta - Sejarah bangsa indonesia adalah sejarah perjuangan masyarakat multiculture yang tidak pernah lepas dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan lainnya.

Tidak heran pula jika sejarah pembentukan pancasila sempat menuai polemik diantara para pendirinya, namun oleh sikap yang bijak dan pikiran futuristik tentang bangsa dan negara semua kepentingan kelompok dan idelogi tertentu bisa dipersatukan melalui pancasila ini.

Direktur Eksekutif Nasional progressive Democracy Watch (Prodewa) menilai bangsa Indonesia sedang mengalami krisis multidimensi.

"Di tengah situasi pandemic covid-19, bangsa kita sedang mengalami krisis multidimensi; dari mulai permasalahan bantuan sosial, tindakan disintegritas etnis, tindakan aksi terorisme, dan lainnya" ujar Fauzan kepada awak media, Selasa (1/6/2021)

Fauzan menilai pancasila sebagai solusi dari krisis multidimensi ini. "Kita mengajak semua elemen masyarakat dan seluruh elit di negeri ini untuk sedikit menelaah jauh proses pembentukan dan penetapan pancasila sebagai dasar dan ideologi negara kesatuan republik indonesia, dimana nama persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa jauh lebih penting ketimbang nama ideologi dan entitas tertentu"

"Karena itu menurut saya hari lahir Pancasila harus menjadi refleksi bagi kita sebagai bangsa, karena Pancasila adalah Solusi dari krisis multidimensi ini"

“Ada yang lebih bermakna dari memperebutkan kekuasaan ekonomi & politik, yaitu meletakan kesejahteraan rakyat diatas segala - galanya. Ada yang lebih penting dari menyatukan koalisi politik yaitu menyatukan yang lemah agar menjadi kuat"

Ada yang lebih berharga dari pada mengutamakan kepentingan golongan yaitu mengutamakan kebhinekaan dan persatuan kita sebagai bangsa yang kuat.” tegas Fauzan. (fy)

Penulis:

Baca Juga