oleh

Dewan Adat Deklarasi, Raja Tapanuli : 100 Tahun Budaya akan Punah Bila Tak Peduli

Radarkotanews.com – perkembangan jaman dibarengi dengan masuknya budaya-budaya asing melalu media elektronikan dan berbagai macam alat elektronik mengakibatkannya tergerusnya sedikit demi sedikit budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.  Baginda Agung Panuturi Hasadaon Joner Rambe SE. MM mengatakan Raja dan Sulta merupakan benteng terakhir untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Raja Tapanuli ini menegaskan deklarasi adat nasional bertujuan untuk menunjukan kepada pemerintah bahwa budaya yang selama ini mati suri dan sudah ditinggalkan oleh pemerintah daerah kini kembali lagi dan akan melestarikan budaya Indonesia.

“Dengan adanya deklarasi dan pembentukan wadah lembaga adat maka pemerintah akan mengakui,” ucap Baginda Agung Panuturi Hasadaon Joner Rambe SE. MM saat Deklarasi Dewan Adat Nasional Raja-Sultan Nusantara Republik Indonesia dan Pembacaan Deklarasi di Aula Lt.1 Gedung Perintis Kemerdekaan Jl. Perintis Kemerdekaan dan Tugu Proklamasi Menteng, Jakarta (7/1/2016).

Raja Tapanuli ini juga mengaja kepada seluruh lembaga adat untuk mendaftarkan diri sesuai dengan aturan lembaga adat dan ini terbuka untuk semua.

“Dalam 100 tahun kedepan apabila Raja dan Sultan tidak bisa menjaga warisan leluhur maka akan punah digerus jaman,” tukasnya. (Ek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed