oleh

Dana Pemulihan Ekonomi 150 Triliun Harus Diawasi

RadarKotaNews, Jakarta – Mengajak masyarakat untuk mengawasi dana restrukturisasi kredit dan pembiayaan UMKM untuk memulihkan ekonomi nasional sebesar 150 triliun. Sebab, Dana itu termasuk di dalam Perppu No 1/2020.

Ajakan tersebut datang dari Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera, yang disampaikan ke awak media, Senin (18/5/2020)

Oleh karena itu Mardani tegaskan, jangan lengah, dana sebesar ini wajib kita awasi agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin membuat bangkrut negara

Sebab, dana sebesar itu dapat dimaksimalkan untuk masyarakat luas seperti mempermudah pemberian kredit modal kerja. Pemerintah bisa menetapkan sektor UMKM strategis yang dapat didahulukan seperti sektor alat kesehatan/makanan.

UMKM dapat dimaksimalkan sebagai penunjang untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Seperti dampak dari pandemi ini banyak rekan-rekan UMKM yang bergerak dalam produksi pakaian harus tutup. Namun mereka dapat didorong untuk memproduksi Alat Kesehatan (alkes) dengan standar WHO.

“Maka industri pendukung selevel UMKM perlu didorong dan berikan kemudahan,” pesannya.

Iapun mencontohkan yang dilakukan oleh pemda Jawa Barat dengan membeli ventilator produk lokal dari PT Pindad & PT DI Persero. “Jika ini dimasifkan, insyaAllah dapat menjadi solusi langkanya Alkes yang membayangi kita. Penyaluran bantuan juga akan lebih tepat sasaran.”

Selain itu, Mardani juga berharap, agar lalu lintas kementerian dapat berkerjasama untuk membantu UMKM. Seperti BUMN dengan Kementerian Perindustrian membina para UMKM agar kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan SNI maupun standar internasional. (war)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed