oleh

Dampak Covid-19 Berpengaruh Signifikan Pada Biaya Studi Pendidikan

RadarKotaNews, Jakarta – Mahasiswa Nasional menilai dampak dari krisis multidimensi yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 seperti eskalasi angka PHK, selain itu, penurunan tingkat pendapatan dan konsumsi juga berpengaruh signifikan pada beban biaya studi pendidikan tinggi yang perlu ditanggung oleh mahasiswa.

“Uang semesteran yang dibayarkan tak dikembalikan oleh kampus. Padahal, kegiatan belajar mengajar di kampus ditiadakan dan diganti dengan perkuliahan daring,” kata Mahasiswa Nasional dalam rilisnya kepada awak media, Rabu (3/6/2020)

Terlebih, sarana dan prasarana perkuliahan daring tidak disediakan oleh universitas, yang artinya mahasiswa perlu menyediakan perangkat dan membeli paket data secara mandiri.

“Ini menunjukkan bahwa Universitas lembaga ilmiah penyelenggara pendidikan akademik gagal melihat dampak Covid-19 secara nyata terhadap mahasiswa dan keluarga yang terdampak oleh Covid-19,” ujarnya

Maka dari itu, kami Mahasiswa Indonesia;

1. Menuntut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk melakukan transparansi penggunaan dana pendidikan selama pandemi Covid-19.

2. Menuntut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama mewajibkan seluruh universitas di Indonesia agar menggratiskan biaya pendidikan tinggi atau setidaknya mengurangi beban biaya studi pendidikan tinggi sebesar 75% selama 2 semester dan menjamin tidak ada Mahasiswa Indonesia yang dikeluarkan karena tidak dapat membayar uang kuliah akibat Covid-19.

3. Menuntut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pendataan Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Swasta yang membutuhkan bantuan dana untuk menjalankan kegiatan akademiknya selama Covid-19.

4. Menuntut adanya audiensi yang diselenggarakan secara daring dari Kemdikbud dan Kemenag dengan mahasiswa.

#NadiemManaMahasiswaMerana dan #FachrulManaMahasiswaMerana Aksi ini merupakan gerakan yang terpisah dari BEM SI.

(fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed