oleh

Dalam Demokrasi Bicara Pemakzulan Itu Hal Wajar

RadarKotaNews, Jakarta РJika ada yang menggaungkan kata pemakzulan saat ini maka dituding makar. Padahal, di Pasal 7A UUD 1945 ada aturan mengenai pemakzulan.

Demikian di jelaskan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, Selasa (2/6/2020)

“Dalam sistem demokrasi yang terbuka membahas mengenai pemakzulan dalam forum seminar dan diskusi merupakan hal yang wajar. Tidak perlu takut berbicara,” katanya

Lantas kenapa harus takut membicarakan pemakzulan, itu hal lumrah saja dalam demokrasi

Karenanya, jika ada pihak yang takut dan anti dengan kata pemakzulan, menurut Fadli, bukti sedang dalam kondisi paranoid. “Yang ketakutan pasti yang tak percaya diri, paranoid dan anti-demokrasi,” tegas Fadli.

Diketahui, penyelenggaran diskusi ilmiah yang digelar oleh Constitusional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapatkan ancaman dan intimidasi karena menyinggung isu pemakzulan.

Pasal 7A UUD 1945, Inti pasalnya presiden bisa diberhentikan bila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden. (fri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed