oleh

China Nusantara Memiliki Kontribusi Global Di Tanah Air

Radarkotanews.com – Istri Presiden RI ke-4 (KH. Abdurahman Wahid) Sinta  Nuriyah Wahid menegaskan betapa pentingnya peran etnis Tionghoa Indonesia dalam pembangunan bangsa Indonesia, apalagi saat Indonesia harus berhadapan dengan persaingan global seperti sekarang ini. Dimana pasar bebas sudah tidak lagi bisa dihalangi, maka persatuan antar etnis sangat diperlukan.

Saat menghadiri acara pembukaan The Third International Conference on Chinese Indonesian Studies/ICCIS (Seminar Internasional Pendidikan China Indonesia ke-3) di kampus Universitas Taruma Negara (Untar), Jakarta (Rabu, 16/03/2016).

Sinta Nuriyah Wahid juga mengatakan
kebijakan-kebijakan yang diambil Gus Dur terhadap kelompok China Nusantara karena Gus Dur melihat orang-orang China yang berada di Indonesia sejak ratusan tahun lalu keberadaannya sudah melebur dengan bangsa Indonesia. Contohnya putri Champa yang menikah dengan Raden Fatah dari kerajaan Majapahit, yang kemudian terjadi keturunan Tionghoa pada rakyatnya.

Sinta menambahkan, Indonesia bangsa yang majemuk dengan berbagai suku bangsa, adat istiadat dan bahasa. Karena itu menurutnya perlu ada konsolidasi antar anak bangsa agar menambah jiwa kompetisi nasional, sehingga kita (bangsa Indonesia) bisa mengambil bagian dari persaingan global.

“Kita bisa mengambil bagian dari persaingan global, China Nusantara (etnis Tionghoa Indonesia) memiliki kontribusi yang global,” ujar Sinta yang nampak anggun dengan setelan kebaya warna pink. (SA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed