oleh

BNN Perlu Perubahan Bukan Dibubarkan

RadarKotaNews, Jakarta – Rencana pembubaran Badan Narkotika Nasional (BNN) oleh Komisi III DPR RI terus bergulir dan mendapat tanggapan serius dari sejumlah kalangan tidak lepas Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI).

“Menurut kami tidak perlu adanya pembubaran cukup kita melakukan perubahan terhadap BNN agar kinerja lembaga pemberantas dan pencegahan narkotika tersebut lebih optimal,” kata Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra, saat dimintai keterangan dikantornya Jalan Taman Amir Hamzah No 2, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Bintang mengungkapkan wacana pembubaran BNN oleh Komisi III DPR RI sebagai bentuk kekecewaan yang sangat besar di kalangan masyarakat, mengingat jumlah peredaran dan penggunaan narkotika terus meningkat dan sudah memasuki tahap akut serta sangat berbahaya bagi pembangunan dan pertumbuhan nasional.

“Diera globalisasi revolusi industri dan bonus demografi narkotika merupakan penghambat utama bagi negara perkembang seperti Indonesia untuk menuju negara yang maju, namun baiknya dalam hal ini kami lebih menyarankan perubahan dan pergantian seluruh pejabat BNN terutama kepala BNN bapak Heru Winarko karena telah gagal dalam menjalankan peran dan fungsi lembaga yang dipimpinnya,” tegasnya.

Bintang menuturkan bukan hanya perubahan pejabat BNN yang diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi lembaga tersebut, namun perubahan sistem seperti rekrutmen pegawai sampai pejabat serta perubahan arah kebijakan dan program kerja BNN yang selama ini kurang tepat sasaran.

“4 bulan lalu kami mendatangi kantor BNN melakukan aksi demonstrasi menyuarakan aspirasi kami kepada BNN namun tidak ada satupun yang didengar sampai kami ingin melakukan audiensi dan silaturahmi saja tidak diterima oleh BNN RI. Ini mungkin menjadi salah satu alasan kuat yang menjadi kekurangan BNN karena lembaga tersebut sifatnya tertutup padahal dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba BNN harus terbuka komunikatif dan jemput bola kepada masyarakat,” sesal Bintang.

Ia mengajak dan menyerukan kepada seluruh elemen untuk ikut dalam berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan penguatan terhadap BNN RI.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan aksi demonstrasi penyelamatan BNN dengan salah satu tuntutan meminta bapak Heru Winarko beserta seluruh pejabat BNN untuk mundur dan mendesak KPK serta BPK, Polri memeriksa keuangan BNN khususnya sosialisasi pencegahan narkotika karena diduga terdapat kegiatan tidak tepat sasaran dan fiktif didalamnya,” tutup Bintang.(fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed