Bela Kepentingan Klien, Pengacara Cegah Penerbitan SHM/Balik Nama atas sebidang Tanah dan Bangunan di BPN Sula

Kantor BPN Kab. Kep Sula

RadarKotaNews, Malut - Demi membela kepentingan kliennya, Kantor Hukum MCS&Rekan yang beralamat di Kota Ternate akhirnya mengadukan seorang oknum Kepala Dusun (Kadus) di Desa Fagudu atas dugaan Tindak Pidana Pengrusakan pagar atau kunci pada sebidang tanah dan bangunan yang menjadi milik kliennya (atas dasar waris), bukan hanya itu pengacara ini juga melakukan upaya pencegahan timbulnya sertificate baru (SHM) atau juga balik nama untuk tanah dan bangunan tersebut ke BPN Kab. Kepulauan Sula (Kepsul).

Kasus ini sendiri berawal dari perseteruan seseorang dengan klien dari kantor hukum MCS&rekan terkait kepemilikan tanah dan bangunan di Jalan Ongko Ba, Desa Fagudu-Sanana.
Tanah dan bangunan tersebut milik Erwin Elvin Budiyanto klien dari kantor Hukum MCS&rekan, berdasarkan Surat Keterangan Waris dari Djon Salmon (Alm), Tanah dan bangunan itu tersebut memiliki sertifikat hak milik/SHM No. 102 atas nama Rahma Kacong, ibu kandung dari Djon Salmon.

Namun kemudian seseorang berinisial KK mengklaim telah membeli tanah tersebut dari Djon Salmon, namun sayangnya KK tidak bisa membuktikan secara sahih/syah bukti pembayaran dan transaksi jual-beli tanah dan bangunan tersebut.
Untuk itu Erwin Elvin Budiyanto sebagai ahli waris dari Djon Salmon menolak menyerahkan tanah dan bangunan tersebut kepada KK dan menunjuk kantor hukum MCS&Rekan untuk meng-advokasi dirinya.

Kepada media ini Maharani Carolina, SH pengacara dari kantor Hukum MCS&Rekan mengatakan. ”Kami wajib membela hak dan kepentingan klien kami, dan perlu diingat bahwa siapapun tidak boleh melakukan perbuatan melawan hukum, baik itu kades, Kadus bahkan polisi sekalipun, karena hakekatnya semua sama dimata hukum,” pungkas pengacara wanita ini.

Dirinya juga mengatakan selain melakukan aduan ke Polres Sula, kantor hukum MCS&Rekan juga melakukan langkah preventif dengan melakukan pemblokiran ke BPN Sula.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan awak media masih mengkonfirmasi para pihak terkait untuk dimintai tanggapannya, termasuk BPN Sula dan Polres Kepsul. (RL)

Penulis:

Baca Juga