oleh

Azis: Cegah Terjadinya Kepanikan Massal Terkait Corona Lewat Infomasi dan Layanan Public

RadarKotaNews, Jakarta – Ancaman Virus Corona semakin mengkhawatirkan, meski virus ‘mematikan‘ yang baru ditemukan Desember lalu di Kota Wuhan, Cina itu telah menewaskan 80 orang, dan kasusnya telah mencapai lebih dari 2.300 di Cina daratan.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin meminta pemerintah segera merilis mekanisme antisipasi, dan langkah-langkah priventif yang harus diambil ke tengah masyarakat.

Menurutnya, persiapan scenario mega-evakuasi perlu dilakukan jika situasi terus memburuk.

“Cegah terjadinya kepanikan massal, melalui pengendalian infomasi dan layanan public,” kata Azis.

Dirinya juga meminta agar pemerintah dapat mencegah isu virus ini, agar tidak diseret ke ranah politik.

“Jangan sampai ada kelompok, atau pihak tertentu yang berusaha mengkonversi isu virus ini menjadi isu politik sesaat,” kata Azis.

Ke-ngerian virus ini bukan hanya terjadi di Cina. Berdasarkan laporan media asing ternama AFP, virus yang mirip Server Acute Respiratory Syndrome (SARS) telah menyebar di sekitar 13 negara dunia, termasuk negara-negara tetangga Asia seperti Thailand dan Singapura, hingga ke Perancis dan Amerika Serikat.

Saat ini di Indonesia sudah ditemukan kasus tersebut di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dengan korban bernama Huang Guitao (31 tahun). Saat ini, terjangkit sudah dalam perawatan intensif para medis. (fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed