oleh

Anies Minta ke Menteri Terawan agar Memberlakukan PSBB

RadarKotaNews, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan jika dirinya telah mengirim surat ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk segera menetapkan wilayah ibu kota memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini dikatakan Anies saat rapat virtual dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin membahas penangan virus corona atau Covid-19, Kamis (2/4/2020).

Upaya itu ditempuh setelah sebelumnya Anies mengirim surat kepada Presiden Jokowi agar Jakarta diizinkan menetapkan karantina wilayah. Namun, ditolak karena Presiden memutuskan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Jadi sekarang langkah ke depan kita melaksanakan sesuai PP 21. Jadi hari ini kita kirimkan surat ke Menkes, minta Menkes segera menetapkan PSBB untuk Jakarta,” kata Anies dalam rapat.

Saat ini, Jakarta tidak bisa sendiri dalam menangani masalah ini termasuk menetapkan status sendiri. Sebab, epicentrum ada pada Jabodetabek, artinya ada Jabar dan Banten.

“Karena itu kami mengusulkan agar ada kebijakan tersendiri untuk kawasan Jabodetabek di mana batas-batas administrasi pemerintahan itu berbeda dengan penyebaran kasus Covid-19 di Jabodetabek,” tambah Anies.

Untuk itu, Anies sangat membutuhkan keputusan cepat dari Pemerintah pusat terkait status Jakarta. Sehingga pembatasan bisa dilaksanakan demi menekan penularan virus corona.

“Yang kami butuhkan dengan Pempus pertama adalah mensegerakan untuk dapatkan status agar kita bisa keluarkan peraturan. Kedua, kita mengharapkan agar program-program bantuan yang tadi dibahas bersama dalam ratas bisa segera dieksekusi,” ucap Anies.

Dalam PP yang ditetapkan Jokowi, PSBB adalah pembatasan orang atau barang dalam suatu wilayah untuk mencegah penyebaran corona, meliputi:

a. peliburan sekolah dan tempat kerja;

b. pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau

c. pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.(ps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed