oleh

Amien Rais: Jika Ibu Kota Pindah ke Kaltim Kedaulatan Indonesia Terancam

RadarKotaNews – Mantan Ketua MPR Amien Rais menyebut bahwa Presiden Joko Widodo bukan menunggu kajian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), namun menunggu studi pemerintah Cina terkait pemindahan ibu kota negara.

“Sesungguhnya memindahkan (ibu kota negara) Jakarta bukan karena menunggu studi Bapenas, tapi studi beijing. Itu jelas sekali,” kata Amien dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9/19).

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) ini menuturkan, saat ini tengah terjadi perebutan supremasi dan hegemoni global antara Amerika dan Tiongkok. “Tiongkok sekarang dari segi military power sudah hampir neck on neck, hampir sama,” ujarnya.

Amien juga berspekulasi, jika ibu kota pindah ke Kalimantan Timur kedaulatan Indonesia terancam. Hal itu, menurut dia, lantaran Kaltim lebih dekat dengan Laut Cina Selatan dan Laut Cina.

Kemudian, lanjut Amien, Perdana Menteri Cina, Xi Jinping, memiliki ambisi menguasai dunia yang lebih besar dari pendiri China, Mao Zedong.

“Jadi saya pikir ini ibu kota itu mempercepat pengambilalihan kedaulatan oleh Republik Rakyat Cina,” tukasnya.(fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed