oleh

Aktivis HMI Tegaskan KPK Ingatkan Fadli Imran 1×24 Jam Laporkan Harta Kekayaannya

RadarKotaNews, Jakarta -Pengangkatan kepada Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Pol Muhammad Fadil Imran oleh Kapolri Idham Azis pada Jumat, 20 November 2020 menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang lalu dinilai tak taat hukum oleh Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Seperti dilansir pernyataan juru bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati Kuding menyebutkan bahwa Irjen Muhammad Fadil yang baru dilantik ternyata belum pernah melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut disikapi tegas oleh aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ibrahim Malik Fatsey (IMF) bahwa pelantikan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran jauh dari kepatuhan terhadap undang-undang.

Mengingat laporan harta kekayaan penyelenggara negara sebagaimana diatur dalam UU nomor 28 tahun 1999 yang sudah dinyatakan oleh KPK tidak dipatuhi oleh kapolda baru Irjen Pol Muhammad Fadil Imran.

Oleh karenanya, Aktivis HMI akrabnya disapa IMF ini menegaskan kepada KPK agar segera menyurati Irjen Pol Muhammad Fadil Imran untuk melaporkan harta kekayaannya dalam batas waktu 1×24 jam.

β€œMelaporkan harta kekayaan seorang penyelenggara negara adalah ketentuan wajib yang harus di penuhi 1×24 jam,” tegasnya

Sedangkan pelantikan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran kemarin tidak melakukan pelaporan sebagaimana diamanatkan dalam pasal 5 UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang LHPKN.

“Ini menunjukan sikap ketidakpatuhan terhadap hukum,” kata Ibrahim Malik Fatsey kepada awak media, Minggu, (22/11/2020)

Lebih jauh, lanjut Ibrahim sangat disayangkan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran sebagai penyelenggaran negara dan penegak hukum tidak memberikan contoh ketaatan terhadap hukum yang baik sebagai kapolda Metro Jaya yang baru.

β€œIni memberi contoh bahwa Irjen Pol Muhammad Fadil Imran tidak taat hukum,” lanjutnya

Bagaimana mungkin Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mau menegakan hukum, sedangkan dirinya sendiri tidak taat hukum yakni menjalankan perintah UU Nomor 28 tahun 1999 yang dimaksud. (id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed