oleh

Agar Golkar Tak Kena Karma, Ruhut Sarankan DPR Dipimpin PDIP

RadarKotaNews – Nama Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang Kartasasmita kian santer dibicaran, lantaran kedua kader Partai Golkar itu tengah memperebutkan kursi Ketua DPR RI, warisan terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-el, Setya Novanto.

Ada yang menilai Bambang lebih pantas menggantikan Novanto daripada Agus. Sebab Bambang lebih populer dibandingkan pesaingnya.

Kepopuleran Bambang di Parlemen memang tak diragukan, sejak periode 2009-2014, Bambang duduk di Komisi III DPR. Sepak terjangnya cukup sering disorot publik bersama Sarifuddin Sudding dari Fraksi Hanura, dan Ahmad Yani dari Fraksi PPP. Mereka disebut sebagai trio SBY (Sudding, Bambang, Yani).

Salah satu sepak terjang trio SBY yang menonjol adalah saat “menggagalkan” Ruhut Poltak Sitompul dari Fraksi Partai Demokrat, untuk menjadi Ketua Komisi III DPR.

Masih di periode yang sama, Bambang juga dikenal melalui sepak terjangnya di Panitia Khusus Hak Angket Bank Century. Dia merupakan salah seorang inisiator Pansus Angket Century.

Kepopuleran Bambang semakin melambung. Bagaimana tidak, Bambang kini menjadi anggota Pansus Hak Angket KPK. Pansus yang dicap publik sebagai alat untuk melemahkan KPK, meskipun terus dibantah dengan dalih ingin menguatkan komisi antikorupsi itu.

Terkait itu, Ruhut Sitompul yang kini sudah tidak lagi menjadi anggota DPR RI turut berkomentar soal perebutan kursi Ketua DPR RI.

Disampaikan Ruhut, sebaikanya Ketua DPR dihuni oleh kader PDI Perjuangan. Sebab, PDI Perjuangan adalah partai pemenang pemilu.

“Kalau saya, biar Golkar tidak kena karma, lebih baik partai pemenang pemilu yang mimpin (DPR). Biarlah PDIP jadi pemimpin DPR,” kata Ruhut saat dihubungi, Jumat (5/1/2018).

Sebelumnya, salah satu elite Golkar, Firman Soebagyo yang mendukung pencalonan Bambang. Bahkan Firman sempat mengatakan nama Bambang sebagai calon Ketua DPR sudah ada di meja Sekretaris Kabinet. Namun klaim Firman dipatahkan oleh Seskab Pramono Anung. [W4R]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed