oleh

ACP Meminta Jokowi, Pilih Kapolri yang Faham Nilai-Nilai Islam

RadarKotaNews, Jakarta – Aliansi Cinta Polisi kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (13/8/2020), mereka menyampaikan perspektifnya terkait dengan sosok pimpinan Korps Bhayangkara ke depan.

Menurut koordinator aksi, Yusuf Aryadi, bahwa aksi unjuk rasa tersebut sebagai wujud ekspresi pihaknya terhadap perbaikan Polri di mata masyarakat. Apalagi antara Polisi dan Umat Islam harus selalu dekat.

“Peran Polisi dan umat Islam sangat penting. Begitu juga saat ini dalam mengisi kemerdekaan Indonesia di usia yang meranjak ke-75 tahun,” kata Yusuf.

“Oleh karenanya posisi Polisi dan umat Islam tidak bisa dipisahkan atau pun berhadap-hadapan,” imbuhnya.

Atas dasar itu, Yusuf pun menilai bahwa sepatutnya perbaikan itu harus diawali dari siapa sosok yang harus menduduki kursi Bhayangkara Satu (B1).

“Perlu calon Kapolri memahami nilai-nilai keislaman karena calon Kapolri merupakan representasi dari masyarakat Indonesia serta umat Islam,” ujarnya.

Di sisi lain, sejumlah kelompok agamis khususnya Islam terkesan kurang dekat dengan Polisi. Apalagi pasca Pilpres 2019 hingga saat ini seperti ada gesekan tersendiri antar keduanya.

Oleh karenanya, Yusuf pun meminta agar perspektifnya itu dipertimbangkan betul oleh Presiden, bahwa Kapolri ke depan harus bisa membawa Polisi kembali dekat dengan kalangan Islam.

“Kami melihat urgensi calon Kapolri harus dekat dengan Ulama, dikarenakan kemesraan Polri dengan Ulama merupakan keniscayaan sejak awal kemerdekan,” paparnya.

Terakhir, di dalam tuntutannya, ada tiga poin yang disampaikan. Antara lain ; mendukung calon Kapolri yang dapat menjaga keharmonisan Polri dengan Umat Islam, menolak calon Kapolri yang represif tehadap umat Islam,” tandasnya.

Terakhir, Yusuf meminta Presiden Joko Widodo segera memilih sosok Kapolri yang pro pada Umat Islam.

“Meminta Presiden Joko Widodo untuk memilih Kapolri yang dekat dengan Umat Islam dan memahami nilai-nilai Islam,” tutupnya. (fy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed